Festival Perikanan Nusantara Digelar Hingga 25 Agustus

Minggu, 25 Agustus 2013 05:59
BERTUAHPOS, JAKARTA – Kementerian Kelautan dan Perikanan menggelar Festival Perikanan Nusantara ke-3 dalam rangka mempercepat industrialisasi dan promosikan produk perikanan nasional.
 
Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C. Sutardjo menuturkan festival tersebut merupakan langkah strategis dan tepat dalam mengantisipasi perkembangan regional, khususnya pemberlakuan Asean Economic Community 2015.
 
“Event nasional yang diadakan tiap tahun ini juga mendukung percepatan industrialisasi kelautan dan perikanan, terutama melalui perluasab akses pasar produk perikanan di dalam negeri,” ujarnya saat membuka FPN ke-3, Sabtu (24/8/2013).
 
Dalam memperluas akses pasar, lanjutnya, KKP turut memfasilitasi pengembangan logistik ikan nasional, jaringan pemasaran, hingga peningkatan kapasitas lembaga dan pelaku pemasaran.
 
“Program branding produk perikanan kita harap mampu mendorong peningkatan daya saing produk perikanan di pasar dalam negeri,” kata Sharif.
 
Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Saut P. Hutagalung menuturkan dalam festival yang berlangsung 24-25 Agustus tersebut, KKP fokus untuk mempromosikan udang.
 
“Karena peningkatan produksi udang ini baik sekali, kita dorong konsumsi udang domestik, tadi ada juga lomba masak udang dan promosi produk olahan udang,” ujarnya.
 
Selain itu, gelaran FPN ke-3 juga dijadikan momentum untuk meluncurkan produk industrialisasi ikan patin berupa fillet patin guna mensubstitusi impor dan mengisi pasar domestik.
 
“Empat perusahaan akan memasok 700 ton ikan patin ke restoran dan catering yang selama ini diisi produk impor,” paparnya.
 
KKP juga mendukung deklarasi usulan Hari Ikan Nasional yang rencananya diperingati setiap 21 November.
 
“Besok pagi  (hari ini, Minggu 25/8) masih ada jalan santai, promosi baso ikan, lomba memancing, dan ada 600 Kg ikan lele bebas ditangkap,” imbuh Saut. 
 
(bisnis.com)