Empat Sekolah di Bengkalis UN Pakai Komputer, Ini Jadwalnya

Selasa, 15 Maret 2016 11:13

BERTUAHPOS.COM (BPC),BENGKALIS–  Empat sekolah  di Kabupaten Bengkalis yang akan lakukan Ujian Nasional berbasis computer  (UNBK). Ujian Nasional (UN) yang akan  segera dilaksanakan,   untuk tingkatan SMA/SMK, SMP , dan sekolah dasar(SD)  di Bengkalis.

Seperti yang disampaikan Kepala Bidang  Pendidikan tingkat SMA Kabupaten Bengkalis, Azman  mengatakan kepada bertuahpos, Selasa(15/3/16). “Kita telah sosialisasikan pelaksanaan UN tingkat SMA,SMK, MA  yang segera akan dilaksanakan. Sosialisasi terkait pelaksanaan UN dilakukan di dua titik yaitu di Duri dan Bengkalis,” kata Azman . (Baca: Ini Tips Sukses Dalam Ujian Nasional)

Ujian Nasional untuk tingkatan anak sekolah dasar akan dilaksanakan pada tanggal 16 Mei 2016,  SMP dan MTS akan dilaksanakan Tanggal 9-12  Mei 2016. Sedangkan untuk tingkatan SMA,MA,SMK akan dilaksanakan pada tanggal 4 – 6 April 2016.

Terkait Ujian Nasional yang menggunakan sistem komputer, Kabupaten Bengkalis ada  empat sekolah yang akan laksanakan Ujian Nasional berbasis computer  (UNBK). Sekolah-sekolah yang akan melaksanakan UNBK tersebut adalah   pertama SMK 1 Bukit Batu,  kedua SMK 3 Mandau, ketuda SMK  1 Bengkalis  dan keempat  SMK 2 Bengkalis.

Baca: Napi Berkeliaran, Gubri Himbau Perangkat Desa Berkoordinasi

Ujian Nasional Berbasis Komputer  merupakan sistim pelaksanaan ujian dengan menggunakan komputer, yang akan diterapkan di sekolah-sekolah.

Untuk kabubaten Bengkalis tahun ini hanya  Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK) yang  menggunakan sistem ujian UNBK, untuk tingkatan  SMA , belum ada yang akan melaksanakan Ujian Nasional berbasis Komputer, untuk sekolah SMA masih tetap menggumakan sistim ujian yang menggunakan kertas dan pensil.

“Saat ini pihak dari dinas pendidikan telah  memantau langsung terkait persiapan ujian  di sekolah-sekolah yang melaksanakan sistem UNBK, hal ini Juga dilakukan untuk mengantisipasi  akan terjadinya kendala-kendala dalam pelaksaan ujian nanti. Seperti  takut akan terjadinya  pemadaman listrik, untuk antisipasi listrik,  pihak kita akan berkoordinasi dengan pihak PLN agar  tetap  menjaga listrik tetap hidup,” tambah Azman.

Azman juga mengatakan bahwa  diharapkan kepada siswa agar tidak mudah percaya terhadap kunci jawaban  yang  beredar dan didapatkan baik itu dari sms ataupun dari orang yang mengatakan itu kunci jawaban UN. Karena soal yang datang dari pusat itu akan mendapatkan pengawasan langsung dari pihak kepolisian Bengkalis. “jadi tidak ada orang yang akan mendapatkan kunci jawaban secara sembarangan,” tutupnya.

Penulis: Sifa