Ema Tak Menyangka Dikunjungi Pak Kadis

Rabu, 23 Juli 2014 17:04

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Kedatangan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Drs H Zulher MS, Selasa (22/7/2014) sore ke rumah Ema membuatnya terkejut sekaligus bahagia.

“Saya sangat bangga dan tak menyangka hal ini akan terjadi. Sungguh suatu hal yang luar biasa dan mengharukan, karena beliau mau makan bersama dengan makanan ala kadarnya,” kata ema.

Zulher sengaja memilih Ema sebagai salah satu pekebun kurang mampu yang dikunjunginya, dalam acara silaturahmi dengan pekebun Desa Koto Perambahan, Kecamatan Kampar Timur.

Ema merupakan janda beranak dua yang harus menghidupi anaknya dengan susah payah setelah ditinggal suami. Kehidupan keseharian ema adalah menjual hasil kebun dan sayur mayor ke pasar, dan juga hasil jual biji kakao dari beberapa batang yang ada di pekarangan rumahnya.

Baca: Djohar: Gubri Hanya Sharing Kok!

Kepada wartawan, ema mengaku merasakan suatu kebanggaan yang tak terhingga, karena seorang pejabat tinggi di Provinsi Riau mau buka bersama di gubuknya.

Ema mengaku bahwa dia merupakan salah seorang petani kecil yang tidak memiliki lahan yang memadai untuk berkebun namun sangat kuat keinginannya untuk berkebun.

Hingga saking kerasnya hatinya untuk berkebun maka dia dan beberapa warga disekitar rumahnya menanam tanaman seperti kakao (coklat) di pekarangan rumahnya sejak beberapa tahun yang silam.

Penanaman tanaman coklat atau kakao di pekarangan ini juga hasil dorongan pemerintah untuk memaksimalkan lahan kosong di pekarangan.

“Kita hanya memiliki beberapa batang, namun hasilnya lumayan, dan kami harapkan, Pak Zulher terus perjuangkan nasib kami masyarakat kecil ini,” harap Ema.

Zulher mengaku bahwa bersilaturahmi dengan masyarakat, terutama pada bulan ramadhan merupakan kebiasaannya setiap tahun semenjak dia menjadi Sekda Kampar. Hingga kini, dia mengaku terus melaksanakan aktifitas tersebut karena silaturahmi menurutnya penting terutama dengan petani kecil yang kurang mampu.

Dia menyadari, dengan kegiatan seperti ini, kita akan tahu kebijakan seperti apa yang harus dibuat.“Dan Alhamdulillah, bu Ema yang kita kunjungi ini menjadi inspirasi berikutnya bagi kita bahwa berkebun itu tidak mesti punya lahan yang luas. Salah satu lahan yang bisa dikelola adalah lahan pakarangan rumah, dan Bu Ema telah menunjukkan hal itu, ”tambahnya.

Pada saat silaturahim tersebut Zulher juga memberikan zakat harta (mal) dan juga bantuan kepada bu ema untuk mengembangkan usaha dan merawat kebun yang dia miliki.(syawal)

Berita Terkini

Selasa, 26 Mei 2020 20:05

Yuk Buat Kue Ongol-ongol untuk Lebaran, Ini Resepnya

RESEP MASAK

Selasa, 26 Mei 2020 20:03

Pasca Libur Idul Fitri, Sekda Sidak Absensi ASN, Ini Hasilnya

BERTUAHPOS.COM, RENGAT – Hari ini merupakan hari pertama bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk masuk ngantor usai libur hari raya idul fitri 1440 Hijirah….

Selasa, 26 Mei 2020 17:55

3 Daerah di Riau Diusulkan Jadi Pilot Project New Normal

#NEWNORMAL #COVID-19

Selasa, 26 Mei 2020 15:38

Penggunaan Anggaran COVID-19 Perlu Diawasi Ketat

#REGIONAL

Selasa, 26 Mei 2020 15:18

Kemenag Tunda Pengumuman Keberangkatan Jemaah Haji 1 Juni Nanti

#ISLAMPEDIA #HAJI

Selasa, 26 Mei 2020 14:30

Dishub Riau Sebut Data Pemudik Tahun Ini Tak Bisa Dibandingkan

#PSBB #REGIONAL