Dishutbun Ajak Masyarakat Kelola Kayu Rakyat

Jumat, 17 Januari 2014 15:18

BERTUAHPOS.COM, PASIR PENGARAIAN – Tahun 2014 ini, pihak Dinas Perkebunan dan Perhutanan (Disbunhut) akan menggalakkan sosialisasi ke masyarakat agar menggali potensi dari sektor hutan. Salah satunya pengelolaan kayu rakyat seperti Kayu Loban.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Kadishutbun) Rokan Hulu melalui Anuar Sadat, SP, MSi, Kepala Bidang Bina Usaha Pengelolaan dan Pemanfaatan Hutan, Kemarin (16/01/2014). “Di hutan kita ada namanya pohon Loban. Seperti Jatinya Sumatera lah,” ujarnya kepada bertuahpos.com.

Jenis kayu Loban memang dikenal keras, mudah diukir, selain memiliki aroma khas, juga dijadikan bahan baku industri galangan kapal. Ia lebih menekankan masyarakat untuk giat berindustri kreatif, seperti properti. “Karena kalau sudah berupa olahan produk jadi tentu nilai ekonomisnya juga semakin tinggi,” ujarnya.

Namun pihaknya akan membuat aturan-aturan untuk sektor tersebut. “Itu sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbub) terkait tata cara pengelolaan. Agar tidak terjadi perambahan hutan yang mengabaikan nilai ekologis. Karena hutan merupakan penyokong kehidupan masyarakat,” tuturnya. (Riki)

Baca: Harga Rp100 Ribu, Disperindag: Masyarakat Kurangi Makan Cabai