Dishub Harus Remajakan Jalanan di Pekanbaru

Kamis, 14 Agustus 2014 17:11

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Jalan rusak, bergelombang dan berlobang masih ada saja di beberapa ruas jalan di Kota Pekanbaru. Ini sering kali disebabkan kendaraan bertonase besar dan mengakibatkan kenyamanan dalam berkendara merasa terganggu.

Ironisnya lagi, jalan rusak tersebut ada di dalam kota. Diantaranya di Jalan Tuanku Tambusai dan Jalan HR Soebrantas, Panam.

“Jalan Kubang Raya kan sudah selesai. Jadi yang kurang aat ini adalah pengawasan saja. Seharusnya Satlantas dan Dishub ini mengarahkan melakukan rekayasa lalu lintas dan mengarahkan ke Jalan Kubang Raya,” ungkap anggota Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru Roni Amriel,  Kamis (14/8/2014).

DPRD Kota Pekanbaru sebelumnya juga menyampaikan dalam pembahasan pengesahan Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Pekanbaru beberapa waktu lalu, telah mengusulkan agar dibuat terminal cargo. Terminal cargo ini nantinya dibangun tidak hanya di satu titik saja, namun akan dibangun di setiap perbatasan Kota Pekanbaru dan kabupaten.

Baca: Pawai Budaya Muskomwil I APEKSI, 9 Pemko Tampilkan Kebudayaan Daerahnya

“Jika ini jadi, untuk perbatasan Pekanbaru-Kampar barang yang masuk dibongkar di Panam dan kemudian dilansir dengan mobil kecil ke dalam kota. Arah utara yang berbatasan dengan Mandau, Bengkalis bongkarnya di daerah Rumbai, begitu juga dengan perbatasan lain,” jelasnya.

Politisi Golkar ini menambahkan, selain dibangunnya terminal cargo juga harus dibarengi dengan pembangunan Areal Lingkar Kota (Arengka). “Pada 2015 ini pemko sudah akan memulai pembangunan jalan lingkar dan terminal cargo. Sehingga benar-benar tidak ada lagi truk masuk dalam kota,” ujarnya. (iqbal)