Disbun Riau Libatkan Petani Uji Coba Tanaman Lada

Senin, 02 Februari 2015 08:26

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Dinas Perkebunan (Disbun) Riau terus memberikan alternatif terbaik dalam bidang agribisnis khususnya sektor perkebunan bagi petani Riau. Seperti program pengembangan komoditas lada. Lada, yang lebih kita kenal dengan nama merica sekarang ini dikembangkan dalam bentuk pilot project di laboratorium lapangan Disbun Riau yang ada di Desa Kualu Nenas.

Kepala Disbun Riau Zulher mengatakan, usai mengekspos kegiatan pilot project tersebut, banyak petani swadaya yang tertarik untuk mengembangkan tanaman ini. Dan mereka bersedia untuk uji coba tanaman lada di lahan yang mereka miliki.  Untuk itu, Disbun Riau menyambut baik permintaan petani tersebut dan melibatkan petani swadaya di Riau.

Zulher mengaku senang jika ada petani yang membantu Disbun Riau untuk mengujicoba tanaman ini di lahan mereka. Dia berharap dengan semakin banyak pilot project maka akan memberikan gambaran yang lengkap tentang pengembangan budidaya lada di Riau.

“Sekarang sudah ada beberapa orang petani yang tertarik dan mungkin juga akan bertambah ke depannya. Kita sangat senang dengan ketertarikan petani untuk menanam tanaman lada di Riau,” ujar Zulher.

Baca: Pedagang Pasar Arengka Kembali Buka Lapak di Tempat Semula

 Dia menyebutkan bahwa tanaman lada dapat ditanam di berbagai pola penanaman. Lada bisa dijadikan sebagai tanaman sela pada sistem polikultur, dapat juga sebagai tanaman monokultur maupun tanaman pekarangan. Dengan bantuan petani maka gambaran budidaya tanaman lada di Riau akan dapat diidentifikasikan lebih mudah.

“Kita akan sebarkan pilot project ini pada ketiga kondisi tanam tersebut. Dan kita akan lebih mudah untuk mengidentifikasikannya kelak sebagai bahan evaluasi jika tanaman lada jadi atau tidaknya kita galakkan di Riau,” kata Zulher.

Ketertarikan petani itu menurut Zulher tidak terlepas dari prospeknya tanaman lada ini. Dia menyebutkan satu hektar tanaman lada dapat menghasilkan hingga 300 juta per tahunnya dan itu mengalahkan tanaman kelapa sawit yang hanya 10 persen dari hasil tanaman lada tersebut.

“Dan juga, kelebihan tanaman lada ini dapat menjadi tanaman pekarangan dan tanaman hias. Apalagi untuk petani kita yang kebanyakan hanya memiliki lahan sedikit. Tentu pengembangan tanaman lada jauh lebih prospek,” ujar Zulher. (rilis/melba)

Berita Terkini

Minggu, 07 Juni 2020 16:00

Inilah Cerita Film Godzilla, Bioskop Spesial Trans TV Malam ini

GODZILLA, BERTUAHPOS.COM – Tahukah Anda, cerita film Godzilla ini berkisah tentang sebuah kapal nelayan Jepang yang sedang berlayar dan secara tiba-tiba diserang makhluk raksasa yang…

Minggu, 07 Juni 2020 12:25

Mekkah Terlarang Dimasuki Non Muslim?

#ISLAMPEDIA

Minggu, 07 Juni 2020 10:26

Mengapa Hutan Bakau Sangat Penting?

#LINGKUNGAN

Minggu, 07 Juni 2020 09:21

Singkirkan Sejenak Gadget, Bukalah Buku

#MEMBACA