Dilantik, Pejabat Pemko Tak Mau Ucap Sumpah

Senin, 14 April 2014 15:13

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Pelantikan pejabat eselon IIIb dan IVa Pekanbaru sudah berlangsung hari ini, Senin ((14/04/2014). Namun sayangnya, saat pengambilan sumpah jabatan, ada saja pejabat yang diam dan tak mau mengucapkan sumpah.

Kondisi ini pun membuat gerah Asisten III Bidang Administrasi Kepegawaian, Azwan yang mewakili Walikota Pekanbaru untuk melantik pejabat tersebut.
“Saya tahu, dan kita tahu siapa saja tadi diam dan tak mengikuti sumpah. Padahal sumpah itu merupakan komitmen dalam mengemban amanah,” ujar Azwan di hadapan para pejabat yang baru saja dilantiknya.
 
Ia menilai, sikap tersebut seolah-olah pejabat yang dilantik merasa terbebani, kasarnya tidak bersyukur. “Maaf jika ini agak keras. Ada banyak orang yang sampai hari ini nonjob meski sudah eselon IV. Semestinya kita bersyukur, yang sudah mendapatkan tempat dan posisi,” tegasnya.
 

Azwan tetap berharap pejabat yang telah dilantik bisa bekerja dengan optimal. “Karena jabatan itu amanah, bukan hak. Salah kaprah bila ada yang menganggap jabatan itu haknya. Makanya kita harus memberikan yang terbaik kepada yabg menitipkan amanah,” jelasnya.

 

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Azharizman Rozie, yang mendampingi Asisten III, juga menyayangkan sikap pejabat yang baru dilantik tersebut.
“Padahal semua sudah dijelaskan dalam PP no 100 tahun 2000, soal pejabat yang harus mengucapkan sumpah. Jadi kalau tidak ikut mengucap sumpah berarti tidak sah,” sebutnya.
 
Untuk itu Rozie akan melakukan musyawarah internal beserta para pimpinan untuk menyikapi persoalan ini. “Apakah nantinya dilakukan pelantikan ulang atau pejabat yang tak mengucap sumpah dinonjobkan,” sebutnya.(riki)

Baca: Sekdaprov Riau: Kalau Ada Pungli Nanti Ada Saber Pungli