Dikurung Titik Api, Rohil Kibarkan Bendera Putih

Senin, 21 Juli 2014 16:22

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Data terakhir hari ini dari Dinas Kehutanan Provinsi Riau menyebutkan, total titik api yang ada di Riau saat ini mencapai  382 titik. Dimana 285 titik berlokasi di Rokan Hilir (Rohil).

Tak ayal lagi, Rohil sudah menaikkan bendera putih karena tidak sanggup lagi mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Karena Rohil sudah angkat tangan, makanya kita akan kesana besok,” sebut Kepala Dishut Riau, Irwan Effendi, Senin (21/7/2014).

Selama ini, memang sudah ada posko karhutla diletakkan disana, namun tim satgas karhutla tidak sanggup menanganinya. Sehingga kadishut bersama bersama tim karhutla akan berangkat ke kabupaten terbanyak api itu.

Baca: Belajar Puskesmas BLUD, Dinkes Inhil Studi Banding ke Jogja

Jika dirincikan, data titik api hari ini di masing-masing kabupaten, seperti Bengjalis 26 titik, Dumai 7, Inhil 3, Inhu 4, Rohul, Kampar 12, Kepulauan Meranti 1, Kunsing 5, Pelalawan 9, Rohil 285, Rohul 23 dan Siak 7 titik dengan total 382.

Ditambahkannya, selama periode kebakaran dari bulan Juni lalu, lahan yang sudah terbakar mencapai 500 ha.  Kabanyakan lahan yang terbakar merupakan lahan masyarakat, “Untuk lahan perusahaan tidak ada yang terbakar sejauh ini karena masing-masing perusahaan menjaga lahannya,” timpalnya.

Hal itu menurut dia, karena kesadaran masyarakat untuk tidak membakar lahan sangat rendah, sehingga menyebabkan banyak lahan warga sendiri yang terbakar.

Irwan juga tidak bisa memastikan lebaran kali ini, Riau akan aman dari asap. Namun demikian, timnya akan tetap berusaha bahkan sampai lebaranpun akan tetap diturunkan ke lapangan.

“Sifatnya hanya bisa mengurangi, tapi kalau menghentikan saya pikir tidak bisa,” tutupnya. (syawal)