Dijadwalkan Hadir, Empat Menteri ke Rohil

Rabu, 03 Juni 2015 09:51
Dijadwalkan Hadir, Empat Menteri ke Rohil

BERTUAHPOS.COM (BPC), ROHIL ­- Pemerintah Kabupaten Rohil menggelar rapat persiapan iven wisata Nasional Bakar Tongkang Bagansiapiapi yang direncanakan 1-7 Juli 2015, mendatang. Rapat ini juga membahas kedatangan beberapa menteri negara pada acara ritual keagaman masyarakat etnis Tionghua Bagansiapiapi.

“kita telah menyurati Menteri Komunikasi dan Kemaritiman Dr Ir Dwisurya Indroyono dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, kemudian undangan susulan akan diberikan kepada Menteri Pariwisata (Menpar) Ir Arief Yahya dan Menteri Perhubungan Ignasius Djohan, “ kata Plt Sekdakab Rohil H Surya Arfan, Rabu (03/06/2015).

Advertisement

Lanjut Sekda, Iven wisata Nasional ini dikenal hingga manca negara. Buktinya, puluhan ribu wisatawan bakal hadir mengikuti serta menyaksikan prosesi ritual keagamaan tersebut. Uniknya, ritual keagamaan itu telah dijalani masyarakat etnis Tionghua Bagansiapiapi dari zaman lelulur hingga saat ini.

“Kedatangan masyarakat Etnis Tionghua ke Bagansiapiapi dari Tanah Tiongkok China, serta memutuskan tidak kembali lagi kenegaranya dengan membakar kapal mereka. Jadi bakar tongkang tersebut dilakukan sebagai tradisi mengingat para lelulur, “ungkapnya.

Baca: Dinkes Siak Siapkan 14 Posko Jelang Arus Mudik 2017

Namun sejalan dengan perkembangan zaman, tambah Sekda, Warga Tiongha Bagansiapiapi merantau keluar daerah dan kebanyakan menjadi pengusaha sukses. Dan, mereka kembali ke kampung halaman untuk menghormati adat tradisi lelulur mereka. Dan momen ini dimanfaatkan pemerintah daerah menjadi objek wisata sekaligus ajang promosi daerah.

Karena, iven promosi daerah dalam nuansa wisata nasional membawa peluang cukup besar bagi perekonomian masyarakat dan meningkatkan aset bagi pendapatan asli. Diyakini juga perputaran perekonomian masyarakat meningkat, seperti tukang ojek, rumah makan, penginapan, jualan dan lainnya

“Jadi jangan salah pengertian acara ini kita besar-besarkan, karena kegiatan ini dana murni orang Tionghoa dan kita pemerintah hanya menambah untuk mengundang Menteri dan Pejabat Propinsi saha,” ujar sekda. (arie/adv/pemkab)

Berita Terkini

Kamis, 21 Januari 2021 17:32

2 UU yang Paling Banyak Digugat ke MK

#uu #UUCiptaker #UUCorona #MK

Kamis, 21 Januari 2021 16:30

Fahri Hamzah Sebut 400 Ribu Warga AS Korban Covid-19 Dampak Terbelahnya Sosial dan Politik

#FahriHamzah #joebiden #corona

Kamis, 21 Januari 2021 15:32

Covid-19 Buat Negara Rugi Hingga Rp1.000 Triliun 

#covid-19 #pandemi #nasional #finance

Kamis, 21 Januari 2021 14:31

Jokowi Beri Sinyal Vaksin Mandiri Masyarakat

#kesehatan #VaksinMandiri #Jokowi

Kamis, 21 Januari 2021 12:30

Biden Ogah Ikut Campur Soal Pemakzulan Trump

#JoeBiden #DonaldTrump #pemakzulan