Dewan Minta harus ada Bus Khusus Siswa.

Jumat, 13 September 2013 12:03

BERTUAHPOS (PEKANBARU) – Ketua Komisi III DPRD Pekanbaru Fajri AR, mengatakan, perlu ada bus Trans Metro Pekanbaru yang ditempatkan khusus untuk anak sekolah yang bisa digunakan antar jemput pelajar.

Terobosan ini perlu didukung semua pihak, terutama Dishubkominfo Pekanbaru. Sebab, hal ini akan berdampak positif terhadap beberapa persoalan. Selain mengurangi angka kecelakaan, juga meminimalisir kemacetan dan efek sosial lainnya. Karenanya penyediaan TMP khusus kalangan pelajar, patut direalisasikan segera.

“Untuk teknis pelaksanaannya, Dishubkominfo Pekanbaru bisa melakukan koordinasi dengan Disdik Pekanbaru. Namun sekadar gambaran, pelaksanaan bus TMP kalangan pelajar ini, khusus untuk pergi dan pulang sekolah saja, jam lain bus kembali dimanfaatkan untuk umum,” kata Fadri.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera ini mengharapkan, semua kalangan bisa mensupport untuk anak-anak sekolah. Apalagi kondisi saat ini di Kota Pekanbaru, sangat macet dan pengendara di jalanan didominasi kalangan pelajar.

Baca: Pesonna Hotel Pekanbaru Upgrade Eksterior dan Interior Menjadi Lebih Melayu

“Untuk pengatur posko dan titik-titik pembagian TMP untuk pelajar, bisa dilakukan survey dan analisa. Yang pasti, untuk titik-titik penjemputan dan sekolah-sekolah mana saja, sesuai dengan kondisi,” sebutnya.

Hanya saja, khusus untuk di sekolah, perlu dipastikan pembangunan haltenya. Seperti halnya di kawasan Pintu Angin Kecamatan Limapuluh. “Hanya saat jam pagi (pergi) dan pulang sekolah saja. selain jam itu TMP kembali digunakan untuk umum,” tambahnya.

Disinggung mengenai anggarannya, Fadri menjelaskan, dana untuk program ini bisa diambil dari subsidi anggaran pendidikan. “Kita sangat setuju dana untuk ini diambil dari subsidi anggaran pendidikan. Itu baru masuk. Kalau untuk kepentingan umum, tidak tepat,” tegasnya seraya mengatakan, untuk penggunaan anggaran subsidi pendidikan tersebut, diatur dalam Perwako. (wan/ra).