Dewan Kota Dukung Pemekaran 5 Kecamatan

Kamis, 28 Agustus 2014 08:29

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Wacana pemekaran lima kecamatan yang ada di Kota Pekanbaru mendapat dukungan penuh dari DPRD kota Pekanbaru. Demikian yang disampaikan oleh Anggota Komisi I DPRD Kota Pekanbaru, Yose Saputra, Rabu (27/9/2014).

Ia mengatakan persoalan pemekaran telah diketahuinya dari Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan Kota Pekanbaru, Adi Swaska. “Tujuan dilakukannya pemekaran ini adalah untuk memaksimalkan pelayanan masyarakat. Memang kita sudah tahu dan membicarakanpersoalan pemekaran ini,” kata Yose.

Ada 5 kecamatan yang dimekarkan nantinya adalah Tenayan Raya, Tampan, Payung Sekaki, Marpoyan Damai dan Rumbai Pesisir. “Dari 5 kecamatan itu, prioritas utama yang dimekarkan adalah Kecamatan Tampan dikarenakan penduduknya yang telah membludak. Pemekaran Kecamatan Tampan direalisasikan 2016 dan itu sudah diputuskan,” jelasnya.

Saat ini, jumlah penduduk yang ada di Kecamatan Tampan saat ini hampir 200 ribu jiwa. Yose melanjutkan, sebelum Kecamatan itu dimekarkan, maka hal pertama yang didahulukan adalah pemekaran kelurahan yang ada di Kecamatan Tampan.

Baca: Meski Defisit, Bulog Riau Tak Impor Beras

“Dimekarkan karena banyak laporan kepada kita tentang masalah pelayanan yang lamban kepada masyarakat. Untuk nama-nama kelurahan juga sudah ada,” jelasnya. (iqbal)