Dari O2SN Mendidik Mental Siswa Sejak Dini

Selasa, 23 Februari 2016 13:54

BERTUAHPOS.COM, AGAM –  Ratusan siswa SD Negeri se-Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, Propinsi Sumatera Barat Selasa (23/02/2016) berebut posisi dalam adu kebolehan pada Olimpiada Olahraga Siswa Nasional (O2SN) yang dipusatkan di SD Negeri 13 Sungai Sariak, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Baso.

Masing-masing sekolah sudah mempersiapkan siswanya yang akan ikut perlombaan disetiap bidang. Tentu saja, dari masing-masing cabang perlombaan mulai dari Musabaqah Tilawatil Qur,an (MTQ), Cerdas Cermat, Pidato, dan Tahfiz, setiap siswa berharap bisa menang.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Baso, Imda Wirman dalam pembukaan kegiatan O2SN menyampaikan, bahwa pelaksanaan O2SN sesungguhnya untuk meningkatkan mutu pendidikan disetiap satuan pendidikan dan juga dalam rangka meningkatkan kualitas diri masing-masing anak didik disetiap sekolah.

Disamping itu, Imda juga berpesan agar setiap siswa saling berlomba untuk bisa tampil lebih baik. “Melalui kegiatan O2SN bidang keagamaan ini mari kita wujudkan siswa-siswi yang berkarakter dan berakhlak mulia sejak dini. Kemudian juga sebagai ajang mempererat ukhuwah antara sesama guru, dan siswa SD Negeri se-Kecamatan Baso,” jelas Imda Wirman berpesan.

Baca: Setelah Asap Pergi, Datang Musibah Banjir di Riau

Hal senada juga disampaikan Kepala Sekolah SD Negeri 13 Sungai Sariak, Zulmar, berharap dengan adanya praktek lansung dari pelajaran atau tiori yang didapat disekolah, siswa dapat menerapkannya dalam kehidupan nyata dimasyarakat.

“Kita tentu sangat yakin sekali, setiap siswa/i SD Negeri dimana saja harus bisa menerapkan apa yang didapatnya disekolah terutama dibidang Agama, akhlak yang menyangkut karakter. Sehingga, sejak dini anak-anak sudah dibiasakan untuk bersikap, bertutur sapa dan bertingkah dengan sopan dan santun,” jelas Zulmar berharap.

sebelum perlombaan masing-masing peserta nampak sudah siap-siap untuk tampil menunjukkan bakat dan kemampuan yang dimilikinya. Bahkan dari tampilan peserta nampak nilai-nilai akhlak mulia dan karakter sesuai motto Agam, mewujudkan siswa berkarakter.

Salah seorang peserta asal SD Negeri 13 Sungai Sariak sebagai tuan rumah, Hudiayah Mirabbi, Rama Andoni, Kaila Zahira, sudah siap untuk bisa membawa harum SD Negeri 13 Sunai Sariak sebagai tuan rumah. “Sudah siap, karena sudah ada persiapan dengan pelatihan dan ilmu-ilmu dididapat selama sekolah,” sebut Rama Andoni, disela-sela persiapan menjelang tampil.

Penulis: Khatik