Daging Sapi Merangkak Naik

Rabu, 05 Maret 2014 10:12
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Meski belum memasuki hari hari besar keagamaan, harga daging sapi di sejumlah tempat di Pekanbaru mengalami lonjakan harga. 
 
Seperti yang disampaikan Afrianto (22) penjual daging di Pasar Baru Panam. “Kalau dibandingkan bulan kemarin, sekarang harga daging sedang naik,” ujarnya Rabu (05/03/2014).
 
Sebelumnya Afrianto menjual daging dengan harga Rp 80 ribu sampai Rp 85 ribu per kilogramnya. Sekarang harga pasaran berada di rentang Rp 100 ribu sampai Rp 105 ribu per kilogramnya.
 
Kenaikan harga ini berdampak pada minat beli masyarakat. Biasanya ia bisa menjual 50 Kg daging sapi segar, namun belakangan ia mesti mengurangi menjadi 30 Kg. 
 
Riki (34), penjual di pasar yang sama menuturkan hal serupa. “Sekarang ini penjualan harga daging sapi lagi sepi penjualan, selama harga naik,” tuturnya. 
 
Biasanya ia bisa menjual 50 Kg daging sapi selama satu hari, tapi sekarang tak sampai segitu. 
 
Riki tidak tahu penyebab pasti lonjakan harga tersebut. Menurut informasi yang didapatkannya, stok sapi sedang kurang karena berkurangnya sapi impor. 
 
“Ada yang bilang karena sapi dari Australia tidak impor lagi, ada juga penyebabnya harga rupiah yang melemah sama Dolar Amerika,” ujarnya. (riki)