Daerah Boleh kok Bikin Soal Tes PNS Sendiri

Senin, 03 Maret 2014 18:10
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Azwar Abubakar mengaskan kelulusan tes CPNS itu tergantung daerahnya masing-masing. Menpan-RB hanya memeriksa kelulusan saja.

Demikian pernyataan itu disampaikan Azwar Abubakar kepada wartawan ketika ditanya mengenai keputusan Gubernur Riau yang sampai hari in tidak mengumumkan hasil tes CPNS Rohil dan Meranti di Pekanbaru, Senin (03/03/2014). 
“Yang memeriksa kelulusan itu hanya tim IT Menpan. Kelulusannya dikembalikan ke daerah untuk diumumkan secara terbuka. Diumumkan terbuka agar tidak ada permainan seperti yang sudah terjadi selama ini” terangnya.

Dikatakannya, pusat menerapkan dengan sistim IT saja. Sementara hasil yang lulus tes, Menpan tidak menenentukannya. Hasil keluilusan itu diberikan sebagai tahap pertama oleh Menpan. Kalau daerah mau melakukan tahap kedua, boleh membuat soal ujian sendiri dan kombinasikan nilainya.

 
“Kalau daerah mau adakan tes bidang, silahkan buat lagi. Akan diberi kesempatan oleh Menpan.  Sebab standar pendidikan orang di daerah ini masih rendah, sehingga orang daerah masih sedikit yang lulus,” ungkapnya. 
 
Lebih lanjut dijelaskannya, kalau daerah boleh melaksanakan ujian sendiri dan membuat pengumuman khusus daerahnya. Kalau dareah mau lakukan ujian sendiri,  juga di perbolehkan membuat IT sendiri itu, tidak masalah.
 
“Saya tidak mengatur itu. Jika daerah ingin utamakan daerahnya masing-masing ya silahkan,” pungkasnya.
 
Ketika ditanyakan bagaimana nasip ratusan CPNS yang ada di Rohil dan Meranti, Azwar memilih  untuk tidak berkomentar karena sudah melalui sistem. “Saya tidak mau komentari pernyataan itu, “tutupnya. (syawal)

Baca: Polres Inhil Bekuk Pemilik Senpi Rakitan