DAAD Jerman Beri Beasiswa Riset Pascasarjana

Selasa, 12 Agustus 2014 08:20

BERTUAHPOS.COM, JAKARTA – Dinas Pertukaran Akademis Jerman (DAAD) membuka pendaftaran beasiswa riset dan pendidikan di Jerman. Dana riset (grant) akan diberikan untuk jenjang doktoral.

Program ini dimaksudkan membantu para akademisi dan ilmuwan muda dari berbagai negara dalam menjalani riset mereka. Program pendanaan tersedia dalam berbagai tahapan karier akademik. Selain dana riset, penerima grant juga akan mendapatkan kesempatan bertukar pengalaman dan membangun jaringan di antara kolega dalam bidang masing-masing.

Dana riset akan diberikan di bidang Ilmu Bahasa dan Budaya, Hukum, Ekonomi dan Ilmu Sosial, Matematika/Ilmu Alam, Medis, Agrikultur, Kehutanan dan Ilmu Gizi. Tesis dalam bidang pegobatan manusia, ilmu kedokteran hewan dan ilmu kedokteran gigi tidak termasuk dalam bidang yang akan didanai grant.

Untuk melamar beasiswa ini, Anda harus sudah menyelesaikan pendidikan magister. Ketika melamar, usia kelulusan Anda maksimal enam tahun. Jika Anda telah memulai pendidikan doktoral, maka Anda harus sudah menjalaninya maksimal sejak tiga tahun yang lalu.

Baca: 20 Juni ini Panen Raya di Tempuling

Lamaran dari mereka yang sudah tinggal di Jerman lebih dari 15 bulan tidak akan diterima. Selain itu, syarat kemampuan bahasa tergantung dari rencana studi pelamar dan bidang kajian mereka. Pelamar bidang ilmu sosial, seni dan hukum, misalnya, harus memiliki pengetahuan tentang bahasa Jerman. Sedangkan pelamar ilmu alam dan teknik, harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik.

Lamanya pendanaan akan diputuskan oleh komite seleksi dan tergantung pada rencana proyek penelitian yang diajukan pelamar. Dana riset akan diberikan selama setahun. Kemudian komite seleksi akan mempertimbangkan pencapaian grantee selama setahun terakhir sebelum memutuskan meneruskan periode pemberian dana riset.

Besaran dana riset tergantung pada jenjang studi. Tunjangan biaya bulanan untuk jenjang S-2 adalah 750 euro atau setara dengan Rp11,72 juta (Rp15.631 per euro). Sedangkan besaran tunjangan bulanan untuk jenjang S-3 adalah 1.000 euro (Rp15,63 juta).

Fasilitas lainnya adalah jaminan kesehatan, kecelakaan dan asuransi pribadi. Anda juga bisa mendapatkan tunjangan transportasi, akomodasi dan tunjangan untuk keluarga.

Agar terpilih, pastikan Anda mengirimkan rencana riset dan studi terperinci. Lampirkan juga bukti pencapaian akademik atau prestasi lain yang dapat mendukung lamaran Anda.

Pendaftaran dilakukan melalui laman DAAD. Siapkan juga satu salinan berkas lamaran dalam bentuk file PDF untuk diunggah saat proses pendaftaran. Sementara, dokumen lainnya, termasuk dua surat referensi dari pengajar di kampus, dikirimkan melalui pos.

Pendaftaran dibuka hingga 1 Oktober 2014. Silakan simak website DAAD untuk informasi lengkap tentang beasiswa ini.(Okezone)