Catatan Sejarah 9 Mei: Berakhirnya Perang Dunia II

Sabtu, 09 Mei 2020 07:30
Catatan Sejarah 9 Mei: Berakhirnya Perang Dunia II

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Setelah kematian Hitler pada 30 April 1945, tentara Jerman tak punya pilihan lain kecuali menyerah pada pasukan sekutu.

7 Mei 1945, ditandatangani dokumen penyerahan diri Jerman. Dokumen tersebut ditandatangani oleh Kepala Staf Komando Tertinggi Angkatan Bersenjata Jerman, Alfred Jodi. Di pihak sekutu, ditandatangani oleh Walter Bedell Smith, dan di pihak Uni Soviey ditandatangani oleh Ivan Susloparov sebagai wakil Komandan Tertinggi Uni Soviet di Riems.

Namun, dokumen penyerahan diri Jerman tersebut ditolak oleh pimpinan Uni Soviet, Joseph Stalin. Perwakilan Uni Soviet yang menandatangani juga merupakan perwira tingkat rendah yang tak punya otoritas menandatangani perjanjian menyerah.

Akhirnya, pada 8 Mei 1945, dokumen tersebut dirubah dan kembali ditandatangani di Berlin. Namun, karena perbedaan waktu, di Uni Soviet sudah menunjukkan 9 Mei.

Baca: Sekdaprov Riau: Penyertaan Modal BUMD Terkendala Dewan

Uni Soviet menyatakan bahwa 9 Mei adalah hari kemenangan, yang diikuti banyak negara sebagai akhir dari Perang Dunia II. (bpc2)