Catatan Sejarah 27 Desember: Penyerahan Kedaulatan Belanda Kepada RIS

Kamis, 27 Desember 2018 08:31

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Salah satu hasil kesepakatan Konferensi Meja Bundar (KMB) adalah Belanda menyerahkan kedaulatan RIS sepenuhnya dan tak bisa dicabut.

Republik Indonesia Serikat (RIS) sendiri terdiri dari beberapa negara bagian, meniru sistem konstitusi di negara barat. Belanda kemudian menyerahkan kedaulatan ke RIS ini.

Upacara penyerahan kedaulatan ini dilakukan bersamaan di 2 tempat, Jakata dan Amsterdam, Belanda. Di Amsterdam, upacara penyerahan kedaulatan ini dilakukan di Paleis op de Dam. Perdana Menteri Mohammad Hatta menerima kedaulatan ini dari Ratu Juliana.

Sementara itu, di Jakarta penyerahan kedaulatan ini dilakukan oleh wakil tinggi mahkota Belanda, A. H. J. Lovink. Sultan Hamengkubuwono IX sebagai Wakil Perdana Menteri RIS yang menerimanya.

Baca: Plt Gubri Promosikan Potensi Riau ke Gubernur DKI

Banyak pihak yang tidak setuju dengan hasil KMB dan penyerahan kedaulatan ini. Pihak ini tidak mau kemerdekaan dan kedaulatan itu diserahkan, namun direbut dan memaksa Belanda mengakuinya.

Para pihak yang tidak setuju juga menyoroti hasil KMB, yang salah satunya RIS harus menanggung hutang Hindia Belanda sebesar 4,5 miliar gulden. (bpc2)