Bupati Rohil Minta Bakar Tongkang Setelah Tarawih, Kadispar Riau: Jangan Campur Pariwisata dan Kebudayaan!

Minggu, 11 Juni 2017 14:25

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Pelaksanaan tradisi Bakar Tongkang akan mencapai puncaknyaa hari ini, Minggu (11/6/2017). Puncak acara ditandai dengan dibakarnya tongkang atau sampan.

Fahmizal Usman, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau menjelaskan, dua tahun terakhir acara puncak dilaksanakan pada sore hari. Namun untuk tahun ini belum tahu kapan akan diadakan acara puncaknya.

Mengingat tahun ini pelaksanaan acara puncak bakar tongkang bertepatan dengan bulan suci Ramadan, Bupati Rokan Hilir, Suyatno telah menegaskan agar pelaksanaan malam acara puncak dilaksanakan setelah umat muslim melaksanakan salat tarawih.

Baca: Panitia Bakar Tongkang “Acuhkan” Himbauan Bupati Rohil

Baca: Warga Siak Keluhkan Pemadaman Listrik di Waktu Magrib

Berbeda dengan yang diutarakan oleh Fahmizal Usman, pria berkaca mata ini menolak mentah-mentah pelaksanaan acara puncak setelah salat tarawih. “Jangan dibentur-benturkan pariwisata dengan kebudayaan!” tegasnya.

Fahmizal juga menjelaskan, kita memiliki toleransi beragama. “Kita puasa ya puasa juga, salat tarawih ya salat juga. Toleransi ada dua pihak, kedua belah pihak harus saling menghargai. Kalau hanya satu pihak tidak bisa. Yang penting peristiwa itu terlaksana,” tegasnya. (bpc9)