Bupati Kuansing Akan Buka Pacu Jalur Rayon I Cerenti

Kamis, 12 Juni 2014 10:03

BERTUAHPOS.COM, TELUK KUANTAN   – Bupati Kuatan Singingi (Kuansing) H Sukarmis direncanakan membuka secara langsung pelaksanaan pacu jalur tingkat rayon I di Kecamatan Cerenti yang akan dimulai Kamis (12/6/2014). Pacu jalur itu akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai Kamis hingga Sabtu (12-14/6), bertempat di Tepian Nyiur Melambai, Desa Sikakak.

Pacu jalur rayon I di Kecamatan Cerenti diikuti sebanyak 49 jalur. Selain jalur dari Kabupaten Kuansing juga ada jalur dari Kabupaten Indragiri Hulu yang akan ikut berpacu. Dari hasil pencabutan undian yang dilaksanakan Rabu (11/6), jalur peraih juara satu di Kecamatan Batang Paranap, Kabupaten Inhu yakni Jalur Meriam Onggang Parau Desa Kepala Pulau mendapatkan undian bey dan dipastikan lolos ke hari selanjutnya.

Ketua panitia pacu jalur rayon I Cerenti Lemwanto yang dihubungi Rabu (11/6) mengatakan, acara pencabutan undian berlangsung aman dan lancar, dimana tempat pencabutan undian dilakukan diaula kantor Camat Cerenti,” jumlah jalur yang ikut berpacu nanti sebanyak 49 jalur, dengan 25 kali hilir termasuk jalur yang mendapatkan undian bey,” katanya.

Dimana sesuai ranji pacu jalur hari pertama ini, jalur yang akan hilir untuk pertama kalinya adalah jalur Sutan Nan Garang dari Pangean akan berhadapan dengan jalur Purnama Indah. Hilir kedua Jalur Untuang Sudah Cerenti berhadapan dengan Jalur Dek Lasak Untuang Jadi Kecamatan Inuman, selanjutnya jalur Cahaya Baru akan menghadapi Pulau Laghe, Jalur Raja Laut berhadapan dengan jalur Danau Sakti Benai.

Baca: Ada SD Peninggalan Belanda di Siak Loh

Jalur Kilek Sonjo lawan jalur Tuanku Rajo Lumbok, jalur Putra Muda Cerenti lawan jalur Putri 9 Biru Peranap, jalur Gajah Putiah Benai VS Puti Linduang Bulan Benai, jalur Putri Guguak vs Toduang Bakotat, jalur Binti Mandi vs Panglimo Kociak Inuman, jalur Lilitan Akar KHS vs Permaisuri Danau Sakti Inuman, Lalur Baju Barantai Benai VS Serambi Batua, Jalur Siposan Rimbo RAPP VS Rantau Sialang Inuman, jalur Linggar Jati VS jalur 9 Langkah, jalur Dewa Ruci Arung Samudra vs Tuah Kencana Cerenti, Jalur Ular Putiah Linggo Biso v Lancang Kuning.


Selanjutnya jalur Butiran Ome VS Seroja Indah Kuantan Tengah, jalur Sialang Soko VS jalur 5 Piako, jalur Rajo Mudo VS Toduang Kuantan, jalur Sangkiang Indah VS Gagak Itom, jalur Kuntum Putri Cempaka VS Upia Sarok, jalur Singa Ngarai VS Sembaran Olang Pulai, jalur Keramat Limpato VS Ombak Nyalo, jalur Dubalang Garang VS Luncuran Telaga Biru, dan jalur Ular Kumbang VS Tuah Bujang Tarontam Inuman.


Sementara Camat Cerenti Latifa mengatakan, untuk acara pembukaan pacu jalur rayon I di Cerenti nanti insyaallah akan dihadiri Bupati Kuansing.”Kita sudah menyampaikan kesiapan untuk melaksanakan pacu jalur rayon I kepada Pak Bupati. Insya Allah, Beliau nanti yang akan membuka secara resmi,”katanya.(GoRiau)