BNP2TKI: Uang Kiriman TKI Per Tahun Capai Rp 120 Triliun

Minggu, 14 Juli 2013 07:56
BNP2TKI: Uang Kiriman TKI Per Tahun Capai Rp 120 Triliun
BERTUAHPOS.COM – JAKARTA –  Jumlah uang yang dikirim oleh para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari berbagai negara ke Tanah Air mencapai Rp 120 triliun per tahunnya. Jumlah tersebut belum termasuk uang kiriman TKI yang tidak tercatat di Bang Indonesia.
“Rata-rata per tahun tidak kurang Rp 120 triliun uang yang dikirim TKI yang tercatat secara resmi di Bank Indonesia. Belum lagi kiriman uang yang tidak tercatat di BI,” ujar Kepala BNP2TKI Jumhur Hidayat di Jakarta Islamic Center, Sabtu (13/7/2013).
Pemerintah, kata Jumhur, juga terus berupaya meningkatkan kesejahteraan TKI setelah tidak lagi bekerja di luar negeri. Oleh sebab itu, BNP2TKI bekerja sama dengan sejumlah pihak, salah satunya IPB, untuk memberikan program pemberdayaan bagi para TKI dan keluarganya.
“Dalam Safari Ramadan ini, BNP2TKI membawa pesan kepada TKI bahwa kini tidak usah bingung lagi untuk memulai usaha di sektor agribisnis karena sudah ada program pelatihan dan pendampingan dari IPB,” papar Jumhur.
Selama Ramadan ini, BNP2TKi melakukan safari di 22 kabupaten/ kota di empat provinsi yaitu Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Selain dialog, BNP2TKI juga membuka pasar murah di kantong-kantong TKI. (liputan6.com)