Bertuahpos Berbagi Sembako ke Korban Banjir Muara Jalai

Sabtu, 13 Februari 2016 18:30

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU– Setelah musibah asap pada tahun lalu, kini Provinsi Riau dilanda musibah banjir. Mengakibatkan ribuan warga seperti di Kabupaten Kampar yang juga termasuk lansia dan anak-anak terpaksa mengungsi ke sanak famili atau di tenda-tenda pengungsian.

Namun tidak semua warga yang tersentuh bantuan dari para donatur baik swasta atau pemerintah daerah. Seperti di Desa Muara Jalai, Kampar Utara masyarakat sempat terisolir akibat air yang mengenang setinggi dua meter.

pembagian sembako di Muara Jalai

Baca: Perusahaan Diminta Selesaikan Masalah PHK

Saat air surut pun, kenyataannya masyarakat belum tersentuh bantuan dari pemerintah baik berupa sandang dan pangan. Tim Bertuahpos peduli yang mendengar kabar tersebut, langsung berinisiatif menyalurkan bantuan sembako langsung kepada warga Muara Jalai yang memang desanya berdekatan dengan Sungai Kampar.

Managemen PT Citra Media Bertuah (Bertuahpos) berangkat dari Kota Pekanbaru Jumat siang (12/02/2016). Ditemani Dinal tokoh pemuda, tim diajak langsung melihat kondisi di Muara Jalai. Tampak jejak sisa-sisa banjir seperti jalan aspal yang tergerus air. Tim berhasil tiba ba’da maghrib di seorang rumah warga.

Tetua masyarakat, Agus yang menyambut bertuahpos peduli langsung menceritakan tentang seperti apa banjir yang mengenangi daerah tersebut. Serta penderitaan masyarakat yang rumahnya tenggelam selama dua hari.


Lalu Agus menceritakan juga warga yang belum mendapatkan bantuan langsung berupa sembako. “Sejak Selasa (09/02/2016) belum ada bantuan yang datang. Tetapi kami tidak pula terlalu berharap, karena memang tidak hanya di desa ini yang membutuhkan,”   katanya.

Agus juga menyampaikan saat ini kepala keluarga di desa tersebut pusing, karena mata pencaharian seperti karet tak lagi bisa diandalkan. “Hanya bisa berhutang untuk menutup keperluan dapur. Nanti kalau ada buah sawit atau karet yang bisa dijual untuk menutup hutang,” katanya.

Agus menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bertuahpos peduli dengan bantuan yang diberikan. “Kami mengucapkan terimakasih kepada tim bertuahpos, karena bantuan sekecil apa pun sangat berarti bagi kami,” sebutnya.

Perwakilan Tim Bertuahpos Peduli, Riki menyampaikan bantuan yang diberikan bisa meringankan beban warga. “Kami berharap sembako ini bisa meringankan beban walau tidak banyak. Dan kita harap bagi pejabat atau mereka yang memiliki rejeki lebih bisa menyumbangkan langsung kepada warga tidak hanya di titik posko,” katanya.

Secara simbolis tim bertuahpos.com menyerahkan bantuan kepada tetua desa, Agus disaksikan perwakilan masyarakat. Diharapkan bisa meringankan beban masyarakat yang saat ini memang membutuhkan bantuan berupa sandang dan pangan. (iqbal)