Berlubang dan Minim Penerangan, Jalan Garuda Sakti Ancam Keselamatan Warga

Kamis, 10 April 2014 18:56
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU- Meski berulang kali terjadi musibah kecelakaan, ruas jalan Jalan Garuda Sakti, Kelurahan Simpangbaru, Kecamatan Tampan tak kunjung diperbaiki. Minimnya pencahayaan malam hari juga sering, menyebabkan lubang yang menganga nyaris tak terlihat.
 
Kondisi ini sangat mengancam keselamatan jiwa masyarakat. Seperti yang dituturkan seorang warga, Heriady kepada bertuahpos.com. “Kondisi jalan sudah sangat memprihatinkan, dan mengancam keselamatan bagi pengendara sepeda motor seperti saya,” ujarnya.
 
Bahkan ia pernah mengalami terperosok lubang yang cukup dalam. “Waktu itu habis hujan lebat, jadi lubangnya tertutup air,” ceritanya. Ia berharap kepada pemerintah untuk segera memperbaikinya. “Jangan janjinya cuma waktu kampanye saja,” ucapnya.
 
Tak hanya kondisi jalan rusak parah dan berlubang, penerangan yang minim turut dikeluhkan. Tak jarang kendaraan baik sepeda motor maupun mobil besar mengantri untuk menghindari lubang yang menganga.
 
Seperti yang dituturkan Edo, Mahasiswa UIN Suska ini pernah hampir terjatuh dari sepeda motor karena terperosok lubang. “Waktu itu sehabis hujan, jadi lubangnya tertutup air, langsung terperosok sepeda motornya hilang keseimbangan. Untung saja tidak laju, kalau kencang mungkin udah jatuh,” kisah pria berkacamata ini.
Beberapa waktu lalu Lurah Simpang Baru Dra Hj Liswarti mengungkapkan kepada wartawan bahwa Jalan Garuda Sakti, sudah puluhan kali dilaporkan ke dinas PU Kota dan Dinas PU Provinsi. 
 
Namun hingga kini belum ada tindak lanjut terhadap laporan tersebut. “Mungkin terkendala pada anggaran, kita maklum saja karena banyak proyek dinas PU yang harus dikerjakan,” ujarnya. Namun ia berharap agar jalur lintas tersebut bisa diprioritaskan perbaikan. Sebab telah sering mengancam keselamatan pengendara. (riki)