Berkas Akta Kelahiran Menumpuk di Disdukcapil

Selasa, 08 April 2014 18:13
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU -  Berkas permohononan pengurusan akta kelahiran menumpuk di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota (Disdukcapil) Pekanbaru. Hal tersebut dikarenakan instansi telah kehabisan blangko untuk mencetak angka.
 
Diakui kepala Disdukcapil, Baharudin kepada bertuahpos.com. “Itu terjadi karena pengadaannya sendiri baru dapat diilakukan pada bulan ini melalui proses lelang di LPSE.Sebenarnya kalau bisa penunjukkan langsung jadi lebih mudah karena tidak perlu menunggu lama tapi itu akan menyalahi aturan karena nilainya lebih dari 200 juta dan wajib lelang,” ujarnya Selasa (08/07/2014).
 
Kekosongan blanko telah terjadi turut disebabkan APBD yang belum lama disahkan. Sejak Februari lalu dan praktis pihaknya tidak bisa lagi mencetak akta kelahiran. Setidaknya hingga saat ini ada sekitar 1000 berkas yang belum bisa proses kerena ketiadaan blangko. Namun demikian dipastikannya, bila akhir bulan ini proses pengadaan blanko selesai pihaknya akan menggesa pencetakan seluruh permohonan akta kelahiran.
 
“Kalau blanko sudah ada semua akan kita selesaikan. Kalau perlu kita tambah lembur untuk menggesanya,” ujarnya.
 
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pekanbaru menargetkan Paling tidak sebelum ajaran baru nantinya, seluruh berkas selesai dicetak. Sebab sebagian akta tersebut kemungkinan akan digunakan oleh orang tua untuk memasukkan anaknya ke sekolah. (riki)