Berikan Kesadaran Berlalu Lintas: Operasi Simpatik 2016, Polisi Libatkan Tokoh Agama

Senin, 14 Maret 2016 21:28

BERTUAHPOS.COM (BPC), ROHIL – Jajaran Satlantas Polres Rokan Hilir (Rohil) melakukan Operasi Simpatik 2016 di depan Polsek Bagan Sinembah, Senin (14/03/2016). Ada hal menarik dari kegiatan razia kendaraan bermotor ini. Pasalnya, tidak semua pengendara bermotor yang melanggar lalulintas langsung dikenakan sangsi tilang, melainkan terlebih dahulu mereka mendapatkan ceramah dari tokoh Agama yang ikut serta terlibat dalam razia tersebut.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Rohil, AKP Zulfa Renaldo SIK mengatakan, pihaknya sengaja melibatkan tokoh agama tersebut guna memberikan kesadaran kepada pengguna lalulintas tentang kewajiban menjaga keamanan dan keselamatan diri dan orang lain.

“Kali ini kita mengajak tokoh agama, guna memberikan kesadaran dalam menjaga ketertiban berlalu lintas,” ungkap Zulfa.

Dengan demikian, lanjut Kasatlantas, diharapkan mampu membangun kesadaran dalam menjaga ketertiban lalu lintas yang harus menjadi tanggung jawab bersama.

Baca: Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Tanam Pohon Pisang di Jalan Sigunggung

“Ada korelasi antara tertib aturan lalu lintas dengan ajaran agama. Tilang dengan ceramah ini juga bentuk kepedulian kami pada kearifan lokal Rohil yang dikenal sebagai Negeri Seribu Kubah,” imbuhnya.

Bukan hanya sampai disitu saja, dalam Operasi Simpatik 2016 Satlantas Polres Rokan Hilir juga memberikan apresiasi berupa helm gratis kepada pengendara yang tertib berlalu lintas dan membawa surat-surat kendaraan yang lengkap.

“Selain berikan ceramah, kita juga berikan helm gratis kepada pengendara yang membawa surat-surat kendaraan dengan lengkap,” ucapnya.

Dalam operasi simpatik yang dimulai sejak 1 Maret 2016 tersebut tercatat sampai hari ini, Senin (14/03/2016) sedikitnya 581 pengendara kendaraan roda dua berhasil terjaring diberikan surat teguran tertulis, dan sebanyak 20 orang diberikan surat tilang karena berkendara tidak dilengkapi dengan surat kendaraan bermotor yang sah.

 

Penulis: Arie