Berfikir Keras Bangkitkan Potensi Kelapa

Kamis, 04 Juni 2015 17:41

BERTUAHPOS.COM (BPC), TEMBILAHAN – BERTUAHPOS.COM (BPC) PEKANBARU – Sekitar satu tahun yang lalu, HM Wardan atas desakan kerabat dan masyarakat yang bersimpati padanya memutuskan ikut mencalonkan diri dalam Pilkada Kabupaten Inhil. Waktu itu Wardan didukung Partai Golkar dan sejumlah partai lain berhasil memenangkan pilkada itu. Jadilah Wardan sebagai Bupati Inhil dengan wakilnya Rosman Malomo untuk periode lima tahun.

Kini Wardan benar-benar berpikir keras bagaimana potensi kelapa Inhil tetap berkembang dan menjadi andalan komoditi unggulan dari daerah ini. “Luasnya kebun kelapa di Inhil dan kini sekitar 100 ribu hektar kebun kelapa itu terancam mati akibat intrusi air laut, saya benar-benar merangkul Pemerintah Provinsi Riau dan sejumlah perusahaan industri kelapa di Inhil untuk ikut berpartisipasi,” ucap Wardan yang berpenampilan gagah dan tenang ini.

Saat mempresentasikan soal potensi kelapa Inhil, tampak Wardan benar-benar menguasai persoalan perkelapaan cukup luas dan dalam. Wardan juga bercerita bagaimana salah satu industri kelapa di daerah ini sejak lama telah memproduksi santan Kara dan minuman kemasan air kelapa serta nata decoco.

“Sayang selama ini di kotak kemasan itu hanya ditulis nama perusahaan dan daerah kecamatannya. Nanti saya minta pada pihak perusahaan agar dituliskan di kemasan ‘Made in Indragiri Hilir, Riau, Indonesia,” ucap Wardan disambut tepuk tangan hadirin. Pantaslah kalau Wardan merasa nyaman dipanggil ‘Bupati Kelapa’. (Adv)

Baca: PNS KKP Senang Menteri Susi Ingin Jam Kerja Lebih Awal, Kenapa Ya?