Belum Ada Indikasi Penimbunan Sembako di Pekanbaru

Kamis, 11 Juni 2015 13:30

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru hingga saat ini belum menjumpai adanya penumpukan sembako. Jelang puasa ini Disperindag mengintensifkan inspeksi mendadak di swalayan-swalayan di Pekanbaru.

Seperti yang disampaikan Kepala Disperindag Pekanbaru, Azwan, saat sidak di salah satu swalayan di jalan Soekarno Hatta. “Biasanya momen ini, distributor nakal mencoba (penimbunan sembako). Tapi dari sidak yang kita lakukan tidak ada ditemukan indikasi penumpukan produk komoditas seperti beras, minyak, dan lainnya,” katanya, Kamis (11/06/2015).

Pihaknya sudah melakukan produk-produk serta harga sembako di pasaran. “Kita sudah cek ke lapangan, memang ada peningkatan harga sembako, tetapi masih dalam tingkat kewajaran. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir,” katanya. (Baca : Jelang Puasa, Disperindag Pekanbaru Cek Ketersediaan Sembako)

Sehari sebelumnya Disperindag Pekanbaru bersama Disperindag Riau dan BPOM menjumpai adanya makanan yang kardaluarsa di salah satu swalayan dekat pasar Sail. “Kita memang menjumpai, dan sudah diklarifikasi itu memang adanya kelalaian, bukan kesengajaan,” sebutnya.

Baca: Sekitar 300 Ribu Masyarakat Miskin di Riau Belum Nikmati PBI Kesehatan

Tak hanya sembako, Azwan sudah berkoordinasi dengan Pertamina mengenai pasokan LPG 3 kg. “Stok gas aman bahkan sampai lebaran,” katanya.

Hari ini (11/06/2015), Disperindag melakukan sidak di beberapa Swalayan dan grosir sembako. Dijumpai ada kemasan produk yang rusak. Pengecekan pasokan sembako ini masih akan berlangsung hingga lima hari ke depan. (riki)