Batas Waktu Habis, Peminat Seleksi Kapuskesmas Jauh dari Harapan

Senin, 14 Maret 2016 11:02

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Pendaftaran seleksi terbuka untuk jabatan 20 puskesmas telah berakhir pada tanggal 11 Maret 2016. Sejak dibuka pada 29 Februari lalu, lelang jabatan tersebut masih sepi peminat.

“Sampai Sabtu pagi kemarin, baru enam orang yang mendaftar seleksi terbuka,” kata kepala Badan Kepegawainan Daerah (BKD) Kota Pekanbaru, Azharisman Rozie kepada bertuahpos.com, Senin (14/3/2016). (Baca: Ini Posisi dan Jadwal Lelang Jabatan Kepala Puskesmas Pekanbaru)

Dikarenakan masih sepi peminat, pihaknya akan melaporkan hal tersebut kepada wali kota Pekanbaru untuk melakukan kordinasi hal tersebut. Namun menurut Rozie, jika memungkinkan pihaknya akan melakukan perpanjangan seleksi tersebut. (Baca: Ini Curhatan Kepala Puskesmas Kepada Komisi III)

“Kalau perlu kita perpanjang untuk seleksi puskesmas ini. Tapi untuk saat ini kita kordinasikan dulu kepada pimpinan selaku pejabat pembina kepegawaian,” terang Rozie. (Baca: DPRD Panggil Kepala Puskesmas se Pekanbaru)

Baca: Samsuhar: Kami Siap Ambil Alih Kerja Riau Petrolium

Sekarang ini, kata Rozie, pihaknya akan melakukan beberapa alternatif untuk penyelenggaraan seleksi tersebut. Alternatif tersebut nantinya akan disampaikan langsung kepada wali kota. “Pak wali lah nanti yang menentukan bagaiman kelanjutannya,” tutupnya. (Baca: Puskesmas Riau Butuh 640 Tenaga Kesehatan)

Sementara itu, wali Kota Pekanbaru Firdaus MT baru-baru ini mengatakan bahwa penyelenggaraan lelang terbuka untuk kepala puskesmas, jika ada yang berminat silahkan mendaftar. “Kita sendiri juga akan menunggu sampai batas waktunya,” katanya

Ketika ditanya apakah orang yang diluar Aparatur Sipil Negara (ASN) boleh atau tidak mengikuti seleksi tersebut, Firdaus mengatakan bahwa hal tersebut tidak dibolehkan sama sekali dalam aturan ASN itu sendiri.

“Dalam aturan ASN tidak dibolehkan, kita tetap dalam anggota ASN yang boleh mengikuti seleksi kepala puskesmas tersebut. Jadi sekarang ini kita tunggu saja,” sambung Firdaus.

Sebagaimana diketahui, Pemko Pekanbaru membuka seleksi untuk 20 kepala puskesmas. Berikut ini daftar 20 puskesmas yang dilowongkan.

1.   Kepala UPTD Puskesmas Melur
2.   Kepala UPTD Puskesmas Payung Sekaki
3.   Kepala UPTD Puskesmas Lima Puluh
4.   Kepala UPTD Puskesmas Pekanbaru Kota
5.   Kepala UPTD Puskesmas Senapelan
6.   Kepala UPTD Puskesmas Rumbai
7.   Kepala UPTD Puskesmas Rumbai Bukit
8.   Kepala UPTD Puskesmas Harapan Raya
9.   Kepala UPTD Puskesmas Sail
10. Kepala UPTD Puskesmas Rawat Inap Simpang Tiga
11. Kepala UPTD Puskesmas Rawat Inap Sidomulyo
12.  Kepala UPTD Puskesmas Rawat Inap Tenayan Raya
13.  Kepala Puskesmas Rawat Jalan Langsat
14.  Kepala Puskesmas Rawat Jalan Umban Sari
15.  Kepala Puskesmas Rawat Jalan Garuda
16.  Kepala Puskesmas Rawat Jalan Rejosari
17.  Kepala Puskesmas Rawat Jalan Sidomulyo
18.  Kepala Puskesmas Rawat Jalan Simpang Baru
19.  Kepala Puskesmas Rawat Inap Karya Wanita
20.  Kepala Puskesmas Rawat Inap Muara Fajar

Penulis: Iqbal