Atasi Arus Urbanisasi, Pemko akan Data Ulang Pendatang

Jumat, 08 Agustus 2014 16:42

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Pasca lebaran Idul Fitri 1435 H diperkirakan ribuan pendatang baru  memasuki Kota Pekanbaru. Baik itu untuk mencari kerja, membuka usaha hingga meminta-minta.

Walikota Pekanbaru Firdaus MT, Kamis, (7/8/2014) mengatakan akan tetap menyambut kedatangan pendatang tersebut namun tidak akan menjamin ketersediaan lapangan kerja bagi mereka.

“Saya yakin tahun ini pasti ada yang datang ke Pekanbaru, karena ini termasuk kota besar dan informasi ini sudah tersebar kemana-kemana. Maka dari itu pasti banyak orang yang datang ke Pekanbaru,” ujarnya kepada wartawan.

Pada umumnya lanjut Firdaus, mereka yang datang ke Pekanbaru mempunyai keterbatasan, baik itu keterbatasan fisik, kemampuan, pengalaman, ilmu maupun ekonomi.

Baca: Ini Penyebab Harga TBS Sawit di Riau Terus Membaik

“Kita juga tidak mempunyai lapangan kerja yang cukup untuk mereka yang seperti itu, jadinya mereka bekerja di informal untuk bertahan hidup,” pungkasnya.

Untung menghadapi arus urbanisasi ini, Firdaus meminta kepada tim yustisi, kecamatan, kelurahan dan RT maupun RW untuk melakukan pendataan ulang terhadap para pendatang tersebut.

“Karena saya yakin tahun ini lebih banyak yang datang dari pada tahun lalu,” ujarnya. (iqbal)