Asap Pekanbaru dari Arah Utara

Rabu, 12 Februari 2014 14:59
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Hari Rabu (12/02/14) siang ini, seluruh wilayah kota Pekanbaru masih diselimuti kabut asap. Berdasarkan hasil analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, asap ini dibawa dari arah utara ke timur.
Â
“Arah angin memang cukup kencang dari utara ketimur. Jadi, asap yang ada di Pekanbaru ini karena dibawa angin,” ungkap Indah, Staf Analisa BMKG Pekanbaru. Selanjutnya dijelaskan Indah, dari data monitoring hotspot Terra/Aqua tampak jumlah titik api yang ada di Riau berjumlah 24 titik.  Masing-masing berada di kabupaten Meranti  ada 8 titik,  Pelalawan 7 titik, Inhil 3 titik, Rohil 2 titik, serta Siak, Rohul dan Dumai dan Bengkalis masing-masing 1 titik. Jumlah tersebut mengalami penurunan dibandingkan sehari sebelumnya yang berjumlah 81 titik. “Memang jumlah titik api berkurang, tapi waktu pemadaman itu asap nya menjadi banyak, sehingga terbawa oleh arah angin,” ujarnya.
Â
Sementara itu, kabut asap menyebabkan jarak pandang berkurang. Pada pagi hari, jarak pandang pagi hanya 1 km dan siang hari naik menjadi 2 km. Namun jarak pandang tersebut belum berpengaruh terhadap penerbangan. (syawal)