AS Anggap Resolusi Penolakan DK PBB Sebagai Penghinaan

Selasa, 19 Desember 2017 07:14
AS Anggap Resolusi Penolakan DK PBB Sebagai Penghinaan

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Tidak hanya mem-veto resolusi DK PBB yang menolak putusan Trump tentang Yerusalem, Amerika Serikat juga menganggap resolusi tersebut sebagai sebuah penghinaan.

“Ini adalah sebuah penghinaan terhadap AS. Kami tidak akan melupakan hal ini,” ancam Duta Besar AS untuk PBB, Nikki Haley sebagaimana dikutip dari reuters.

Advertisement

AS telah mengeluarkan hak veto, yaitu hak untuk menolak keputusan PBB, terkait dengan resolusi Dewan Keamanan PBB yang menarik putusan Trump menjadikan Yerusalem sebagai ibukota Israel.

“Hak veto ini Amerika keluarkan untuk mempertahankan kedaulatan kami, dan untuk mempertahankan peran Amerika dalam proses perdamaian di dunia Arab. Ini bukanlah sumber yang menimbulkan rasa malu,” tambahnya.

Baca: Mahasiswa Birukan Kantor Gubernur, Tututan Pecat Pejabat Pemprov Tetap Disuarakan

Sebelumnya, DK PBB yang diinisiasi oleh Mesir sebagai anggota tidak tetap telah memutuskan untuk menolak putusan Trump menjadikan Yerusalem sebagai ibukota Israel. Resolusi ini juga mengimbau agar negara di dunia menahan diri untuk tidak membuka perwakilan dipolmatik di Yerusalem. (cr1)