Ancaman Karlahut, Titik Api Terus Bermunculan di Riau

Rabu, 02 Maret 2016 11:33

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU– Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi ada 23 titik api atau hotspot di Sumatera, Rabu (02/03/2016). Dari sekian titik api paling banyak disumbang Riau dengan 18 hotspot tersebar di lima kabupaten.

Seperti yang disampaikan Kepala BMKG Riau, Sugarin melalui Kasi Informasi, Slamet Riyadi kepada kru bertuahpos.com. “Untuk hari ini 23 titik api di Sumatera, berada di Riau ada 18 titik, Sumatera Barat dua, dan Aceh tiga,” kata Slamet, Rabu (02/03/2016).

Untuk titik api di Riau paling banyak disumbang Kabupaten Bengkalis 10 titik, Siak lima titik, serta Kepulauan Meranti, Indragiri Hilir (Inhil) dan Pelalawan masing-masing satu titik api. Hanya saja untuk hotspot dengan tingkat kepercayaan atau confidence di atas 70 persen hanya 12 titik. “Berada di Bengkalis delapan titik, Siak tiga, dan Pelalawan satu titik,” sebut Slamet.

Kondisi ini tidak berbeda jauh dengan sehari sebelumnya. BMKG juga merilis Riau masih menyumbang jumlah hotspot paling banyak di Sumatera dengan 38 titik. Daerah yang memiliki hotspot juga masih sama yakni Bengkalis, Siak, Pelalawan, dan Inhil.

Baca: Gerakan Hemat Energi, Kantor Pemerintah Sendiri Selalu Terang Di Malam Hari

Untuk itu diharapkan Pemerintah Daerah (Pemda) selalu siaga terhadap ancaman Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut). Sebab BMKG menaksir musim kemarau memasuki puncaknya pada Maret ini.

Namun demikian banyaknya hotspot masih belum memberi dampak pada jarak pandang atau visibility di daerah. Seperti Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru dan sekitarnya jarak pandang masih delapan kilometer. Lalu kualitas udara yang dicatat Papan Indeks Standard Pencemaran Udara (ISPU) depan Kantor Walikota Pekanbaru menunjukkan status baik. Sedangkan untuk Rengat jarak pandang lima kilometer, Kota Dumai tujuh kilometer, dan Pelalawan enam kilometer.

Kemudian informasi cuaca angin secara umum dari arah Utara hingga Timur dengan  kecepatan  05 – 15  knots (09 – 27 km/jam). Dengan temperatur maksimal 31.0 – 33.5 celcius dan  kelembaban maksimal 92 – 98 persen.

“Pada umumnya cuaca di wilayah Riau cerah hingga berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan tidak merata terjadi di wilayah Riau bagian tengah dan selatan pada siang atau sore dan malam hari,” sebut Slamet Riyadi.

Penulis: Riki