Alumni SMA Mengaku Dapat Bocoran di Hari H

Sabtu, 12 April 2014 17:10
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Sepertinya sudah menjadi tradisi setiap tahun, kebocoran soal ujian nasional (UN) selalu mewarnai proses ujian kelulusan tingkat SLTA sederajat. Termasuk sekolah-sekolah yang ada di Riau
 
Seperti dikisahkan Rita, salah satu alumni SMAN di kecamatan Bangko Pusako Rohil. Ia mengaku, bersama teman-temannya mendapatkan bocoran jawaban sewaktu hari H pelaksanaan UN.
 
“Masing-masing kami diberi 10 jawaban, pas di dalam bisa di bagi-bagikan, kami tukar-tukaran lah isi jawabannya,”ungkap wanita yang kini menjadi mahasiswa disalah perguruan tinggi negri di Pekanbaru.
 
Hal yang senada juga diungkapkan Siti, teman Rita. Mantan siswi salah SMA Negri di Rohul ini juga mengaku mendapat kunci jawaban. Bahkan ia mendapatkannya dari salah seorang gurunya tengah malam melalui pesan singkat. Paginya menjelang ujian, ia pun langsung menyalin jawaban itu di secarik kertas.
 
“Buktinya selama ini, kami lulus semua kok. Karena sudah dikasi tahu bocorannya. Jadi nggak perlu belajar lagi kalau malam,” sebutnya.
Siti pun tidak menapikkan jika Ijazah anak setingkat SMA sekarang nilainya tinggi-tinggi semua bahkan ada yang mencapai angka 9.
 
“Nilainya tinggi gak heran lagi, jawaban sudah dikasih, pengawasnya juga tidak ketet. Saling tahu sama-tahu aja antara sesama guru pengawas sudah,” paparnya.
 
Meskipun beredar rumor kebocoran jawaban soal UN, namun Kepala Disdik Riau Dwi Agus Sumarno yakin UN tahun ini tidak akan terjadi kebocoran soal. (syawal)