Akuarium dan Tumbuhan Bisa Menghalau Asap

Selasa, 11 Maret 2014 18:47

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Kabut asap yang mencemari ruang udara Kota Pekanbaru, mulai memasuki rumah warga. Kondisi ini tentu mengancam kesehatan dan membuat situasi dalam rumah tidak nyaman.

Untuk menangkal dampak kabut asap bisa dengan meletakkan tumbuhan atau akuarium dalam rumah. Seperti yang disampaikan Direktur Rumah Sakit Universitas Riau (RSUR) Pekanbaru, dr. Zulharman, kepada bertuahpos.com Selasa (11/03/2014) saat berdialog dengan mahasiswa di lantai tiga RSUR.

“Adanya tumbuhan maupun akuarium dalam rumah bisa menambah kadar oksigen di dalam ruangan,” ujarnya. Namun ia mengingatkan bila malam tiba tumbuhan harus dipindahkan keluar. “Karena tumbuhannya juga mencari oksigen,” ujarnya.

Sebenarnya bisa saja masyarakat mengenakan masker di dalam rumah. “Tapi tentu membuat tidak nyaman untuk beraktivitas dalam ruangan,” tambahnya.

Baca: Hari Arsitek Nasional, Arsitek: Buat Bangunan Baik Bukan Sekadar Indah

Selain itu, memakai AC bisa menangkal partikel kabut asap masuk ke dalam ruangan. “Kalau AC tidak ada, kipas angin juga bisa dijadikan penangkal agar kabut yang berada diluar tidak berkumpul dalam rumah,”tambahnya.

Namun ia mengingatkan masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan. Kabut asap yang dihasilkan dari kebakaran hutan dan lahan tersebut, kata dia, menghadirkan partikel debu yang sebabkan gangguan pernafasan.”Karena meskipun telah mengenakan masker belum menjamin pertikel debu itu tidak terhirup,”ingatnya.(riki)