Ada yang Ganjal dengan Pelantikan Bupati Besok

Selasa, 16 Februari 2016 17:17

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Seolah ada yang tidak bisa dalam prosesi pelantikan bupati yang melang dalam pemilukada beberapa waktu lalu. Rencana pelantikan itu akan digelar besoak, Rabu (17/02/2016), di Gedung Dearah, Pekanbaru Riau. Sebab bisa dipastikan gedung itu tidak muat menampung banyaknya pengunjung yang akan datang dalam acara pelantikan besok.

Kepala Bagian Rumah Tangga, Stdaprov Riau, Supriyadi mengatakan, kemungkinan sejumlah pejabat yang akan hadir dalam acara itu akan membawa banyak keluarganya. “Apalagi untuk sekelas pelantikan bupati dan walikota,” katanya, kepada wartawan pada acara gladi di gedung daerah, Selasa (16/02/2016).

Dia mengaku karena keterbatasan kapasitas gedung, panitia pelantikan hanya menyediakan sebanyak tempat untuk 70 orang tamu. Sementara jumlah undangan yang disebarkan sebanyak 200 undangan yang sudah disebarkan. Sedangkan  sementara untuk masing Kabupaten Kota, Bengkalis 350, Inhil 300, Dumai 250 dan Meranti 200 Undangan.

Panitia terpaksa menyediakan tenda untuk tamu di luar ruangan, agar prosesi pelantikan itu juga bisa dinikati oleh pengunjung datang ke acara itu.

Baca: Maret, Pekanbaru Alami Inflasi Tertinggi

Berdasarkan surat keputusan Presiden melalui Mendagri RI terkait pelantikan Bupati/Walikota hasil Pilkada serentak tahap pertamadilaksanakan Rabu, 17 Februari di ibukota Provinsi masing-masing daerah masih ditunggu. Panitia pelantikan Bupati/Wako di Provinsi Riau yang sudah menetapkan rencana semula, harus merubah teknis pelantikan pasca rapat persiapan. Dimana terkait perkembangan pelantikan, rencana semula dilantiknya kepala daerah untuk empat Kabupaten/Kota, yakni Inhu, Meranti, Bengkalis dan Dumai tampaknya akan berubah. 

Menurut informasi dari Panitia Pelantikan Kepala Daerah Bupati/Wako di Riau, Ahmadsyah Harrofie yang menjabat Asisten I Setdaprov Riau beberapa waktu lalu mengatakan persiapan pelantikan memang sudah dilakukan dalam rapat awal dengan mengajak Pemkab/Pemko terkait khususnya empat daerah yang kini dipimpin Penjabat.

“Masih memerlukan pembahasan lanjutan. Karena menimbang waktu yang singkat, jadi persiapan untuk Gelanggang Remaja sebagai lokasi semula masih belum bisadipastikan. Adaalternatif disiapkan untuk lokasi, demikian pula jumlah kepala daerah yang akan dilantik, masih menunggu instruksi pusat,” katanya. (Melba)