774 Caleg Berebut 65 Kursi DPRD Riau

Jumat, 23 Agustus 2013 17:10
BERTUAHPOS, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi menerapkan jumlah definitif Daftar Tetap (DCT) anggota legislatif untuk DPRD Riau. KPU menetapkan sebanyak 774 calon legislatif untuk memperebutkan 65 kursi di DPRD Riau periode 2014-2019.
Â
Sebanyak 774 caleg itu merupakan nama-nama yang masuk ke KPU yang semula jumlahnya sebanyak 776 nama. Namun kemudian sebanyak dua orang diantaranya mengundurkan diri sehingga jumlahnya menjadi 774 orang.
Â
Ketua KPU Riau, Edy Sabli mengatakan tidak ada DCS yang masuk itu tidak lulus, karena semua mereka sudah memenuhi syarat untuk menjadi calon legislatif. Hanya saja pihaknya masih memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan tanggapan,” ungkapnya.
Â
Sedangkan dua caleg yang mengundurkan diri itu diketahui setelah KPU Riau berkoordinasi dengan pihak penghubung atau pengurus partai. “Ternyata memang ada dua orang yang mengundurkan diri yaitu dari PAN dan PDI. Sedangkan alasan pengunduran diri itu bukan urusan KPU,” ungkapnya.
Â
Disebutkannya, jika ada DCS yang mengundurkan diri, maka tidak ada pengganti dari partai politik. Kebetulan yang mengundurkan diri ini semuanya laku-laki dan tidak mempengaruhi persentase keterwakilan perempuan.
Â
sumber: riau.go.id