607 TPS di Dumai Gelar Pemilu

Rabu, 09 April 2014 09:26

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Komisi Pemilihan Umum Kota Dumai, Provinsi Riau, menyatakan sebanyak 607 tempat pemungutan suara (TPS) di seluruh wilayah daerah tersebut telah siap untuk menyelenggarakan pemungutan suara Pemilu legislatif 9 April 2014.


“Seluruh TPS sudah dikondisikan oleh petugas yang ditunjuk dan kita siap untuk menyelenggarakan pemilu legislatif di 607 TPS,” kata Sekretaris Kantor KPU Dumai Zahedi di Dumai yang dilansir dari antarariau.com.


Diterangkan, kesiapan tersebut meliputi telah tuntasnya pendistribusian kebutuhan logistik ke seluruh panitia pada tigkat kecamatan dan kelurahan beserta anggaran operasional masing-masing petugas di TPS.


Termasuk kesiapan petugas pelaksana pada kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dan petugas pengamanan TPS dari unsur perlindungan masyarakat (Linmas) yang akan dibantu dari personil dari kepolisian setempat.  

Baca: Sentuhan Tangan ‘Ajaib’ Guru Penentu Kehidupan Generasi Bangsa


“Petugas juga telah menyebarkan undangan kepada masyarakat pemilih. Sejauh ini, tidak ada persoalan yang berarti dalam hal kesiapan dan kita tinggal melaksanakan pemilu untuk memilih wakil rakyat yang duduk di parlemen,” katanya.


Menurutnya, pelaksanaan Pileg di Dumai diikuti 358 orang calon anggota legislatif yang merupakan utusan 12 partai politik peserta pemilu dan memperebutkan sebanyak 30 kursi keanggotaan wakil rakyat di gedung parlemen yang berada di daerah.


Sedangkan untuk peserta pemilih yang ditetapkan KPU Dumai dan memiliki hak pilih adalah sebanyak 196.876 jiwa warga masyarakat daerah itu yang tersebar dalam empat daerah pemilihan (Dapil).


Dapil I meliputi Kecamatan Dumai Kota dengan perebutan 5 kursi, Dapil II yang berada di Kecamatan Dumai Timur dan Medang Kampai dengan jumlah 8 kursi yang akan diperebutkan partai politik peserta pemilu.


Untuk Dapil III ditetapkan di wilayah pemilihan Kecamatan Bukit Kapur dan Sungai Sembilan dengan ketersediaan 8 kursi, serta Dapil IV yang berada di Kecamatan Dumai Selatan dan Dumai Barat untuk keterwakilan 9 kursi legislatif.(antarariau.com)