6 Daerah ini Penenggak BBM Terbanyak Selama Libur Tahun Baru

Senin, 23 Desember 2013 14:27

BERTUAHPOS.COM -  Enam wilayah akan mengalami kenaikan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) saat Natal dan Tahun Baru khususnya di daerah tujuan pariwisata. Pemerintah dan Pertamina pun melakukan persiapan matang untuk menyediakan BBM jelang libur akhir tahun itu.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik menuturkan, meski menghadapi Natal dan Tahun Baru tidak serumit saat perayaan Idul Fiti, pihaknya dan PT Pertamina (Persero) tetap melakukan langkah antisipasi lonjakan konsumsi BBM.

“Idul Fitri lebih seru persiapannya, meski Natal dan Tahun Baru lebih ringan tetapi kami tidak mau mengambil risiko, jadi persiapan Natal Tahun baru kami persiapkan sebaiknya,” kata Jero, saat mengunjung terminal BBM di Plumpang, Jakarta, Senin (23/12/2013).

Jero menyebutkan, ada enam daerah yang kebutuhan BBM mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu daerah yang masyarakatnya banyak merayakan Natal.

Baca: Cuaca Riau Hari Ini, Cerah Bewaran Didominasi Hujan Ringan

“Misal Sumatra Utara naik 31 %, Jawa Tengah, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua dan maluku, tambahan lagi daerah wisata Bali kebutuhan naik 29%,” tuturnya.

Untuk stok rata-rata BBM nasional saat ini berada pada level rata-rata 20 hari dan menjamin stok selalu dipertahankan pada level tersebut.

“Rincian stok BBM antara lain, premium 17 hari, solar 18 hari, dan avtur 30 hari,” pungkasnya.(liputan6.com)