41 Ekor Paus Terdampar di Pantai Florida, 10 Ekor Mati.

Kamis, 05 Desember 2013 16:32

BERTUAHPOS.COM,Florida – Lebih dari 40 ekor paus terdampar di perairan dangkal di Florida, Amerika Serikat. Sayangnya, sekitar 10 ekor paus yang terdampar tersebut dilaporkan telah mati.

Paus jenis pilot ini ditemukan terdampar di wilayah terpencil yang masih masuk dalam Everglades National Park. Awalnya, otoritas setempat hanya mendapat laporan empat ekor paus terdampar. Namun ketika mendatangi lokasi, ditemukan lebih banyak paus yang terdampar.

Lembaga kelautan setempat, National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) berusaha untuk menyelamatkan paus-paus ini. Menurut juru bicara NOAA, Blair Mase, enam ekor paus ditemukan sudah mati. Sedangkan sebanyak empat ekor lainnya terpaksa disuntik mati karena kondisinya yang mengenaskan.

“Wilayah tersebut sangat dangkal sehingga sulit untuk mengeluarkan paus-paus tersebut dan mengembalikan mereka ke laut,” ucap Mase seperti dilansir AFP, Kamis (5/12/2013).

Baca: Temuan Eyes On the Forest, Banyak Modus Karhutla yang Dilakukan Perusahaan

Mase menyebut, kurang lebih ada 41 ekor paus yang terdampar di wilayah pantai dengan kedalaman kurang dari 1 meter tersebut. Tidak diketahui pasti penyebab mamalia raksasa tersebut bisa terdampar di pantai.

“Paus dikenal hidup di laut yang dalam, jadi kini mereka jelas-jelas jauh dari rumah,” tutur Mase.

“Fenomena paus terdampar di pantai ini masih menjadi misteri, hingga kini kami masih belum tahu apa yang sebenarnya terjadi,” imbuhnya.

Otoritas setempat bekerja bersama dengan empat organisasi penyelamat binatang untuk menyelamatkan paus-paus ini. Mereka bahkan meminta saran ahli dari luar negeri untuk mengatasi situasi ini.

Everglades National Park merupakan habitat unik yang menjadi tempat tinggal banyak spesies binatang, termasuk buaya.(detik.com)