3G Susah, BBMan Pakai Telkomsel pun Lemot

Selasa, 12 Agustus 2014 07:41

BERTUAHPOS.COM, SIAK – Para pengguna telepon seluler (ponsel) di Siak kesulitan untuk menikmati jaringan 3G dari  provider Telkomsel. Kondisi ini pun telah lama dikeluhkan warga.

Mereka mengaku tak bisa menggunakan aplikasi Black Berry Mesenger (BBM) dengan cepat. Seperti yang dituturkan Adi, salah seorang warga Jalan Sutomo, Siak yang jadi pengguna provider telkomsel, kepada bertuahpos.com, Selasa (12/8/2014).

Ia mengatakan di daerah kota Siak ini memang susah mendapatkan jaringan 3G. Jaringan 3G hanya ada pada lokasi tertentu yang dekat dengan tower Telkomsel.

“Memang susah disini Bang kalau internetan pakai Telkomsel. Saya saja BBMan harus bersabar nunggunya. Lemot banget lah yang kita rasakan” ungkap pengguna blackberry itu.

Baca: Siapa Tennas Efendy, Sang Doktor Kehormatan. Inilah Sosoknya…

Sedangkan Erwin, salah sorang mahasiswa dari salah satu Universitas Negri di Pekanbaru saat berkunjung ke situs Istana Siak. Di smartphone miliknya itu, sebelah pojok kanan atas  hanya tertera jaringan yang bertuliskan EDGE.

“Tadi sih sepertinya ada jaringan 3G, tapi sekrang sudah hilang. Dari tadi kok EDGE terus tulisan jaringannya. Masa di ibu kota susah nemui jaringan 3G,” keluhnya.

Dilasir dari wikipedia, EDGE (Enhanced Data rates for GSM Evolution) adalah teknologi evolusi dari GSM dan IS-136. GPRS menawarkan kecepatan data sebesar 115 kbps, sedangkan pada EDGE kecepatan datanya sbesar 384 kbps, dan secara teori dapat mencapai 473,6 kbps. Secara umum kecepatan EDGE tiga kali lebih besar dari GPRS, dengan kemampuan yang sama untuk (e-mail, mms, dan browsing).

Namun jika dibandingkan dengan kemampuan di jaringan 3G, jelas kalah jauh. Generasi 3 atau ada juga yang menyebut UMTS (Universal Mobile Telecommunication Service) menyediakan fasilitas akses internet (e-mail, mms, dan browsing), juga menyediakan fasilitas video streaming, video conference, dan video calling*) dengan kecepatan akses sekitar 480kbps (syawal)