30 Mahasiswa UIN Mengajar Suku Talang Mamak

Sabtu, 08 Februari 2014 10:52
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Sebanyak 30 mahasiswa UIN Suska, mulai jalani program UIN Suska Mengajar (USM) Jilid II ke Suku Talang Mamak, di Desa Rantau langsat, Indragiri Hulu, Sabtu (8/2/2014). Kegiatan yang terinspirasi dari gerakan Indonesia Mengajar ini, akan berlangsung mulai tanggal 6 hingga 22 Febuari 2014.
Â
Ketua panitia, Reza Fahlevy menuturkan, USM dilaksanakan dengan tujuan agar mahasiswa tahu bagaimana mirisnya pendidikan anak bangsa. Terutama yang berada di daerah terpencil.
“Mahasiswa dari berbagai jurusan ini mengisi liburan dengan berbakti pada masyarakat. Sekaligus supaya bisa mengenal lebih dekat potret dari wajah Indonesia,”tuturnya.
Â
Kebanyakan orang menganggap Suku Talang Mamak  terbelakang dari segi budaya dan peradaban. Namun kenyataannya banyak ‘generasi muda’ dari suku tersebut mengenyam pendidikan beberapa universitas yang ada di Pekanbaru. USM Jilid II kali ini mengambil tema bertemakan “ Menggandakan Semangat, Menyebarkan Harapan. ”Â
Â
Adapun agendanya adalah membentuk desa binaan, pengajar muda dan hibah buku. Jadi USM berusaha untuk mengubah pola pikir anak-anak di desa, bahwa pendidikan sangat penting.
Ke depannya, desa tersebut akan menjadi desa binaan dan program ini bisa menjadi Unit Kegiatan Kampus (UKM). Bagi para pemuda desa, akan diberikan pelatihan, seperti kewirausahaan serta organisasi. (rls/Riki)