186 Kasus Demam Berdarah, Pj Walikota Pekanbaru Salahkan Masyarakat

Kamis, 30 Maret 2017 10:24

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Kasus demam berdarah dengue (DBD) Kota Pekanbaru terus meningkat. Selain faktor cuaca, kesadaran masyarakat yang kurang menjaga kebersihan turut andil.

Hal tersebut disampaikan Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru, Edwar Sanger. Dirinya menyebut Pemerintah Kota (Pemko) sudah berulang kali menghimbau warga mengantisipasi mewabahnya demam berdarah ini.

Baca: 186 Kasus, Belum Ada Korban Jiwa Akibat DBD di Pekanbaru

Namun sepertinya masyarakat masih kurang peduli. “Upaya-upaya sudah dilakukan setiap hari saya turun ke masyarakat. Sudah saya himbau galakkan PHBS (Pola Hidup Bersih Sehat). Kesadaran masyarakat saja yang belum,” katanya. 

Baca: Dilarang Merokok di Tempat Umum, Warga Ini Sebut: Dimana Duduk Saya Ingin Merokok

Untuk itu Edwar meminta semua pihak ikut berpatisipasi dalam menjaga kebersihan. Apalagi saat ini masuk musim penghujan, menjadi waktu favorit nyamuk Aedes aegypti berkembang biak.

Baca: Bayi dan Balita di Pekanbaru Banyak Terjangkit DBD

Dari data Dinas Kesehatan (Diskes) Pekanbaru, hingga pekan 12 tercatat 186 kasus demam berdarah. Atau naik 20 kasus dari minggu sebelumnya. 

Demam berdarah paling banyak menyerang balita dan anak-anak. Sampai hari ini belum ada korban jiwa akibat demam berdarah di Pekanbaru.

Penulis: Riki Ariyanto