UIR Tawarkan IJAB untuk Wujudkan Nilai-nilai Keislaman

Rabu, 12 Januari 2022 12:36
UIR Tawarkan IJAB untuk Wujudkan Nilai-nilai Keislaman

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Universitas Islam Riau (UIR) melaksanakan Focus Group Discussion membahas penyusunan nilai-nilai utama Universitas Islam Riau 20 tahun ke depan. FGD ini dihadiri oleh pejabat selingkungan UIR, civitas akademika dan diselenggarakan hybrid.

FGD yang di taja oleh Tim penyusun Rancangan Induk Pengembangan (RIP) dan Rencana Strategis (Renstra) UIR yang diketuai Prof Dr H Thamrin S SH M Hum ini menawarkan konsep IJAB yang dipaparkan oleh Direktur Direktorat Dakwah Islam Kampus (DDIK), Dr Anton Afrizal Chandra SAg MSi.

FGD dibuka langsung oleh Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL yang sekaligus bertindak sebagai salah satu narasumber pembanding.

“Hasil dari brainstorming yang telah dibicarakan sebelumnya dengan tim penyusun di harapkan agar nilai-nilai utama keislaman harus menjadi unsur yang penting dan harus ditetapkan, yang mana nilai-nilai yang dirumuskan ini menjadi rujukan sehingga kepada pengajar, yang bekerja atau pun khalayak di UIR dan sekitarnya bisa paham dan dapat mengaplilasikan nilai-nilai ini,” sebut ambut Rektor.

Baca: 7 Mei, Hasil UN SMA akan Diumumkan

Jalannya diskusi perumusan nilai-nilai utama ini dipandu oleh moderator Dr H Rahyunir Rauf MSi. Dalam paparannya, Direktur DDIK UIR menyampaikan tiga poin utama yang dirumuskan.

Pada hakikatnya mengandung prinsip Ð prinsip hidup dan ajaran tentang bagaimana sebenarnya manusia itu melaksanakan dan menjalankan kehidupannya di dunia yang bersumber dari Al-qurÕan dan As-sunnah. Tiga poin tersebut adalah Keikhlasan, Kejujuran – Amanah serta Kebaikan.

IJAB adalah tawaran nilai-nilai utama Universitas Islam Riau kepada Indonesia dan menjadi penegasan positioning UIR sebagai Universitas Islam Berkelas Dunia Berbasis Iman dan Takwa sesuai Visi UIR tahun 2041.

Abstraksi IJAB sebagai nilai baru, akan dengan segera disosialisasikan kepada seluruh elemen UIR dan menjadi semangat baru UIR yang segera menjadi nilai utama keislaman seluruh civitas akademika UIR dan terus bergerak menuju Indonesia yang akan dibawa oleh delegasi UIR pada forum-forum berskala nasional maupun internasional.

Dalam kesempatan yang sama Dr Anton selaku pemapar makalah hasil diskusi juga menjelaskan secara terperinci mengenai nilai yang dapat diadaptasi dari ketiga point yang telah dirumuskan.

“Contohnya dalam keikhlasan diharapkan para civitas akademika, dosen dan tenaga kependidikan dapat mesti ikhlas dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya. Dosen ikhlas dalam mengajar, mahasiswa ikhlas belajar, serta pegawai ikhlas dalam melayani. Poin kedua adalah kejujuran dan amanah iyalah dosen, mahasiswa dan pegawawai di lingkungan UIR agar selalu ingat untuk senantiasa berlaku jujur dan amanah selain sebagai salah satu bentuk ketaqwaan kepada Allah, dan yang terakhir adalah kebaikan yaitu nilai kebaikan yang diharapkan dapat menciptakan suasana yang harmonis dalam hubungan dalam masyarakat khususnya masyarakat kampus, maka dari ketiga point tadi dapat kita singkat dengan IJAB (Ikhlas, Jujur, Amanah, dan Baik),” paparan Dr Anton.

Disamping pemaparan, FGD ini juga menghadirkan pembicara pembanding yaitu Ketua Umum Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Riau Dr Nurman Sos MSi, Ketua Dewan Pembina YLPI Riau Drs H Mukni, Serta Ketua Dua Bidang Dakwah YLPI Riau H Rustam Effendi MA MSi yang turut memberikan kritik dan saran serta pendapat dalam perumusan ini nilai-nilai keislaman Universitas Islam Riau. (rilis)

Berita Terkini

Kamis, 27 Januari 2022 22:09

Kasus Omicron Muncul di Sumbar, Anggota Dewan Minta Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru Awasi Perbatasan

15 kasus Covid-19 Omicron terdeteksi di Provinsi Sumatera Barat, Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru diminta segera ambil tindakan

Kamis, 27 Januari 2022 21:10

Debut Timnas Indonesia vs TImor Leste, Ronaldo Kwateh Trrending Topik

Timnas Indonesia vs Timor Leste di FIFA Matchday, Kamis (27/1) malam WIB. Fakta dan rekor menarik terjadi yang dibuat Ronaldo Kwateh

Kamis, 27 Januari 2022 18:02

Covid Omicron Muncul di Sumbar, PAEI Riau Minta Warga Tak Panik

Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melaporkan kemunculan 15 kasus Covid-19 varian Omicron di wilayahnya, per 27 Januari 2022.

Kamis, 27 Januari 2022 17:15

Sore Ini Muncul 38 Hotspot di Sumatera, BMKG: Satu Titik di Bengkalis

Puluhan hotspot atau titik panas muncul di Pulau Sumatera, Kamis sore 27 Januari 2022. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi ada satu titik muncul di Provinsi Riau

Kamis, 27 Januari 2022 17:07

Warga Kampung Miliarder di Tuban yang Kaya Mendadak Karena Jual Tanah ke Pertamina, Kini Nganggur dan Susah Cari Makan

Masih ingat desa miliarder di Tuban yang kaya mendadak karena tanahnya dibeli oleh Pertamina? Kini terbaru banyak warga mulai kesulitan memenuhi kebutuhan hidup sebab jadi pengangguran

Kamis, 27 Januari 2022 16:30

Ditanya Deddy Corbuzier Soal KUA Blacklist Namanya, Ini Kata Vicky Prasetyo

Vicky Prasetyo bercerai dengan Kalina Oktarani. Terbaru Vicky diundang ke channel youtube Deddy Corbuzier

Kamis, 27 Januari 2022 16:10

Covid Omicron Muncul di Sumbar, Syamsuar Belum Ada Rencana Pengetatan Wilayah Perbatasan

Riau sejauh ini belum ada rencana untuk melakukan pengetatan dan penyekatan wilayah perbatasan.

Kamis, 27 Januari 2022 15:42

Anggota DPRD Riau Soroti Kasus BB Ilegal Loging di Kuansing yang Tiba-tiba Hilang

Hilangnya BB berupa alat berat dalam kasus ilegal loging di Kuansing sangat mencurigakan.

Kamis, 27 Januari 2022 15:35

Ini yang Tak Bisa Dilupakan Andre Taulany Dengan Tukul Arwana

Andre Taulany menjenguk Tukul Arwana yang sedang sakit. Andre menyampaikan kondisi Tukul sudah semakin membaik.

Kamis, 27 Januari 2022 15:05

Moderna Inc Laporkan Produksi Vaksin Khusus Omicron Sudah Separuh Jalan

Penelitian yang mereka lakukan untuk vaksin khusus melawan Covid Omicron sudah setengah jalan.