Serial Squid Game, Awalnya ‘Film yang Tak Komersil’ Namun Berbeda Setelah Digarap Netflix

Minggu, 19 September 2021 20:05
Serial Squid Game, Awalnya ‘Film yang Tak Komersil’ Namun Berbeda Setelah Digarap Netflix
Squid Game Serial Korea terbaru (net)

BERTUAHPOS.COM — Squid Game adalah Serial Korea terbaru yang sudah menyita perhatian netizen sejak beberapa hari belakangan ini.

Tayangan perdana drama yang tayang di aplikasi nonton film berlangganan, Netflix ini selalu berada di trending topic Twitter sejak pertama kali ditayangkan pada Jumat, 17 September 2021.

Film ini, Squid Game, mengisahkan 456 orang berpartisipasi mengikuti suatu permainan misterius demi mendapatkan hadiah sebesar 45,6 miliar won. 

Pesertanya akan terlibat dalam sebuah permainan anak-anak yang di dalamnya banyak ketegangan. 

Baca: BRK Salurkan 1000 Sembako Untuk Warga Inhu

Demi mendapat hadiah besar tersebut, para peserta dihadapkan dengan kematian jika  mereka kalah dan hanya menetapkan satu pemenang.

Sutradara sekaligus kreator Hwang Dong Hyuk menjelaskan judul film Squid Game memang diambil dari permainan yang biasa dimainkan saat dia kecil di halaman sekolah atau jalanan depan rumah. 

Serial ini berkisah tentang orang-orang yang dulu pernah melakukan permainan ini saat kecil, dan kini kembali bermain saat mereka dewasa.

“Squid Game merupakan salah satu permainan yang menguras fisik dan salah satu permainan favorit saya. Bagi saya, Squid Game dapat menjadi permainan anak-anak yang paling simbolis untuk menggambarkan kondisi masyarakat saat ini,” katanya, di konferensi pers yang digelar Netflix pada Rabu,15 September 2021.

Mengutip tempo.co, Hwang Dong Hyuk mengaku bahwa naska untuk film ini sudah mulai dikerjakan sejak tahun 2008 lalu. Artinya jauh sebelum ia membuat film-filmnya yang kemudian menjadi box office, seperti Silenced dan The Fortress. 

“Saya banyak membaca buku komik dan menyelesaikan naskahnya pada 2009. Saat itu naskahnya terasa sangat asing dan penuh kekerasan. Beberapa orang beranggapan ceritanya terlalu rumit dan tidak komersial,” ujarnya.

Itulah mengapa dia kesulitan mendapatkan investor untuk memfilmkan dengan naskah itu. 

Pemain yang tepat untuk drama yang amat menguras fisik ini pun bukan perkara gampang. 

Hwang mengakui, ia membutuhkan setahun untuk menimbang apakah film ini layak dibuat atau tidak hingga akhirnya memilih menyetopnya. 

Hingga akhirnya, Hwang senang Netflix memberinya kebebasan berkreativitas untuk membuat serial ini sepuluh tahun kemudian.

Hwang mengakui, ada beberapa elemen yang mirip dengan tayangan-tayangan di genre survival lain. Tapi, kata dia, Squid Game tetap memiliki keunikan. 

“Inti dari permainan bertahan hidup adalah bagaimana penonton bisa terpikat dengan cara para peserta berjuang menjadi pemenang,” ucapnya. (bpc2)

Berita Terkini

Kamis, 28 Oktober 2021 20:19

Video: Suasana di Kantor Kejari Kuansing Sempat Memanas, PH Desak Indra Agus Lukman Dibebaskan

Indra Agus Lukman, Kejari, Kuansing

Kamis, 28 Oktober 2021 19:29

Barca Tunjuk Sergi Barjuan Sebagai Pelatih Sementara

Barcelona

Kamis, 28 Oktober 2021 19:25

DBH Untuk Riau Turun Rp300 Miliar

DBH

Kamis, 28 Oktober 2021 16:05

Ini Kata dr Tirta Soal Gelombang Ketiga Covid-19

dr Tirta, Covid-19

Kamis, 28 Oktober 2021 15:22

Video: Night Ride – Pekanbaru Downtown

Motovlog

Kamis, 28 Oktober 2021 15:02

Kim Jong-un Perintahkan Warganya Kurangi Makan Hingga 2025

Kim Jong-un, Korut

Kamis, 28 Oktober 2021 15:02

Anies Baswedan: Orang Baik Masuk Politik Dipermasalahkan

Anies Baswedan