Rp 35,1 Triliun Hasil Riau Masuk Ke Jawa Timur

Jumat, 16 September 2016 12:50

BERTUAHPOS.COM (BPC),  PEKANBARU – Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengeluarkan data, sebanyak Rp 35,1 triliun hasil alam Riau masuk ke provinsi itu.  Data tersebut rangkuman total keseluruhan dari tahun 2012 hingga 2015 lalu.

Kepala Biro Kerjasama Pemprov Jawa Timur,  Beni Sambirwanto mengatakan, sebanyak Rp 35,1 triliun hasil alam yang masuk ke Jawa Timur itu berasal dari sawit, kelapa, tambang dan banyak potensi lainnya.

Sementata hasil olahan dari Provinsi Jawa Timur sendiri yang masuk ke Riau sebanyak Rp 21,7 triliun, dari komoditi berupa bibit, pupuk, batu kapur dan hasil olahan lainnya.

“Melihat dari potensi tersebut kami yakin kerjasama yang dilakukan antara kedua provinsi ini akan akan memberi dampak yang potensial untuk pengembangan ekonomi masyarakat,” ujarnya,  Jumat (16 /09 /2016).

Baca: Larangan PNS Terima Parsel, Penjual Mengeluh Turun Omset

Baca Juga: Riau Akan Buka Kantor Dagang di Jawa Timur

Dia menambahkan, Riau masuk dalam salah satu daerah dengan skala prioritas untuk pengembangan kerjasama ini. Setelah melihat pertukaran potensi ini perlu ada pembahasan serius untuk tahapan selanjutnya.

Pemerintah Jawa Timur ingin mengembangkan potensi dari beberapa sektor untuk pengembangan ekonomi kedua daerah tersebut.

“Ada banyak sektor yang bisa kita garap bersama antar provinsi ini. Salah satunya dari sektor sawit,  kelapa,  pertambangan batu bara dan lain sebagainya. Kami yakin sekali dengan jalinan kerjasama ini akan memberikan dampak yang lebih baik terhadap perekonomian masyarakat,” sambungnya.

Langkah kongkrit dari bentuk kerjasama ini,  yakni dengan direncanakannya dua kantor dagang di masing-masing provinsi tersebut. Teknis pelaksanaannya akan dirumuskan dalam konsep yang jelas terlebih dahulu,  baru kemudian akan dibahas kembali dalam pertemuan selanjutnya.

Penulis: Melba