Pendeta Jerman Serukan Islam Diajarkan di Sekolah Negeri

Rabu, 01 Juni 2016 14:18
Pendeta Jerman Serukan Islam Diajarkan di Sekolah Negeri

BERTUAHPOS.COM (BPC) – Kepala Gereja Protestan Jerman menyerukan agar Islam diajarkan di seluruh sekolah negeri. Hal ini dimaksudkan agar remaja Muslim dapat mengerti ajaran Islam yang damai serta terhindar dari upaya radikalisasi.

Uskup Heinrich Bedford-Strohm yang memimpin Gereja Lutherant Evangelis mengatakan, pembelajaran secara meluas kelas-kelas Islam di sekolah-sekolah Jerman akan memberikan kesempatan bagi para siswa Muslim, untuk mendapat pendekatan kritis terhadap agama mereka sendiri.

Advertisement

Dalam sebuah wawancara dengan harian Heilbronner Stimme, Heinrich menyebut semua keyakinan di Jerman harus sesuai dengan konstitusi Jerman yang demokratis.

“Toleransi, kebebasan beragama dan kebebasan hati nurani harus diterapkan bagi semua agama,” kata Heinrich.

Baca: Koperasi Rejosari Kota Pekanbaru Terbaik Nasional

Heinrich mengusulkan asosiasi Islam di Jerman membuat semacam bentuk pembelajaran atau kurikulum kelas Islam. Dia berharap mereka segera menyiapkan diri untuk menjadi mitra bagi negara Jerman.

Dari 16 negara bagian Jerman, tujuh di antaranya telah siap menawarkan bentuk kelas agama Islam. Hal ini mirip dengan pembelajaran Katolik dan Protestan yang merupakan agama tradisional di sana.

Sejumlah sekolah di Jerman telah memiliki kelas-kelas Yahudi dan Islam. Tapi, tidak ada satupun kelas-kelas itu wajib diikuti.

Perwakilan Gereja Katolik menyatakan, sepakat dengan pernyataan Heinrich. Mereka menambahkan sebelumnya telah memberikan saran agar pelajaran Islam dikenalkan di sekolah-sekolah.

Jerman adalah negara yang memiliki komunitas Muslim terbesar kedua di kawasan Eropa Barat. Jumlah umat Muslim Jerman yang tercatat mencapai empat juta jiwa, atau sekitar lima persen dari populasi negara tersebut.(dream)