Pemprov Riau Canangkan Festival Budaya Serumpun

Sabtu, 30 April 2016 11:45
Pemprov Riau Canangkan Festival Budaya Serumpun

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Pemerintah Provinsi Riau mulai kembali akan mencanangkan festival budaya serumpun antara Sumatra dan Negara Malaysia.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Riau, Kamsol, dalam sambutannya pada saat perayaan Hari Tari Internasional yang berlangsung di Taman Budaya, Jalan Sudirman, Pekanbaru, Jumat (29/04/2016) malam kemarin.

“Festival Budaya Serumpun ini bisa saja kita galakkan kembali. Sebab mengingat kesamaan dan kemiripan budaya orang Sumatera dan negara tetangga kita, bisa saling diperkuat kembali,” katanya.

Kamsol mengatakan bahwa progresnya sejauh ini, perkembangan budaya antara dua negara ini tidak bisa terlepaskan satu sama lain.

Baca: Paket Buka Puasa Mulai Rp25 Ribu Free Takjil di Spot Koffie

Hal itu sangat jelas terlihat dari kemiripan budaya dan tradisi yang ada di negeri Jiran. Dengan kata lain, dilaksanakannya Festival Budaya Serumpun itu, akan membuat kedua belah pihak bisa saling memacu perkembangan budaya di negara masing-masing.

Langkah itu bisa saja dilakukan dalam bentuk kerjasama IMTGT yang sudah berlangsung selama beberapa tahun ini. Sebab dalam peranjian IMTGT juga masuk salah satunya pengembangan budaya antar negara dalam menyamakan persepsi tentang pentingnya menjaga kelestarian tradisi.

“Kalau memang sepakat nantinya, kami dari Pemerintah Riau bisa membicarakan itu. Kemungkinan besar bisa terlaksana pada akhir tahun nanti,” sambungnya

Penulis: Dilla

Berita Terkini

Selasa, 19 Oktober 2021 10:36

Beredar Kabar Bupati Kuansing Di-OTT KPK

Kuansing

Selasa, 19 Oktober 2021 07:59

Benarkah Ibu dan Ayah Rasulullah SAW Kafir?

Ibu dan ayah rasul

Selasa, 19 Oktober 2021 07:40

Rasulullah SAW Berasal dari Keturunan yang Baik

Rasulullah SAW

Selasa, 19 Oktober 2021 03:10

Harga Kopra di Inhil Turun Tipis

Kopra, Perkebunan

Selasa, 19 Oktober 2021 02:14

Anies Maju di Pilpres 2024, PKS Siap Beri Dukungan

Anies Baswedan, Pilpres 2024