Objek Wisata Sungai Gelombang, Bagus nggak sih?

Sabtu, 15 Agustus 2020 10:31
Objek Wisata Sungai Gelombang, Bagus nggak sih?
Objek wisata sungai gelombang

BERTUAHPOS.COM, KAMPAR — Salah satu objek wisata air, terdapat di Bangkinang Seberang kabupaten Kampar, Riau. Objek wisata ini cukup digemari, tidak hanya masyarakat setempat, banyak juga pengunjung yang datang dari luar daerah. Namanya Sungai Gelombang.

Rute – jika beranjak dari Pekanbaru menggunakan mobil butuh waktu sekitar 2 jam untuk sampai ke objek wisata Sungai Gelombang. Saat tiba di Kota Bangkinang, lampu merah pertama, silakan belokan kendaraan ke kanan, kemudian melintasi jembatan lalu menyusuri perkampungan warga.

Advertisement

Dari jembatan itu diperkirakan hanya sekitar 5 kilometer jarak tempuh untuk menuju ke objek wisata Sungai Gelombang. Objek wisata ini tergolong mudah untuk ditemukan. Karena lokasinya persis berada di pinggir jalan utama perkampungan. 

Baca: Tak Ganti Oli, Apa Dampaknya?

View this post on Instagram

Happy nak🤗🍃💖

A post shared by Aldilla Hamama Putri (@aldilladhela) on

Objek wisata Sungai gelombang adalah aliran Sungai Kampar yang berarus cukup deras. Karena struktur tanah di bagian dasar sungai adalah bebatuan, maka riakan-riakan dan gelombang air sangat terlihat dari permukaan.

Menariknya, hanya sekitar 1 kilometer aliran sungai yang bergelombang. Selebihnya tidak. Permukaan sungai malah terlihat tenang berarus. Di sekitar objek wisata, air sungai ini cukup dangkal. Ketinggian airnya kira-kira hanya setinggi pinggang orang dewasa. Namun di bagian tertentu ketinggian air hanya sebatas betis orang dewasa. Oleh sebab itu objek wisata ini sangat cocok untuk liburan keluarga. Namu  di bagian lain, jauh dari lokasi objek wisata sungai cukup dalam.

Warga setempat sudah membangun seperti balai-balai di sepanjang aliran sungai. Tempat ini ini dipergunakan pengunjung untuk beristirahat atau untuk berkumpul bersama keluarga sambil menikmati bekal makanan yang mereka bawa.

Gratis Biaya Masuk

Masuk objek wisata ini tidak dipungut biaya. Namun untuk ongkos parkir mobil dikenakan sebesar Rp20.000 sedangkan sewa balai balai dikenakan Rp30.000 tanpa ada batasan waktu. Artinya pengunjung bisa bebas menikmati objek wisata ini.

Di sepanjang aliran sungai juga banyak warga yang menyewakan pelampung dari ban dalam mobil. sewa pelampung ini beragam untuk ukuran yang paling besar mencapai Rp20.000 untuk ukuran ban yang paling kecil hanya Rp5.000. 

“Pengunjung pengunjung biasanya ramai berdatangan pada akhir pekan. Sebagian besar memang masih warga Kampar dan Pekanbaru karena lokasinya cukup dekat,” kata Ari, sorang warga yang membuka sewa balai di objek wisata ini.

“Kalau di hari biasa pengunjung mulai ramai dari siang ke sore lokasi biasanya penuh tempat sewa penuh dan sungai sangat ramai oleh pengunjung,” sambungnya.

Bertuahpos.com berbincang dengan seorang pengunjung di objek wisata Sungai Gelombang. Namanya Rian. Dia membawa keluarga besarnya berjumlah sekitar 10 orang. Mereka terlihat menikmati objek wisata ini sejak siang hingga sore hari.

“Karena lokasinya yang dekat dari Pekanbaru objek wisata Sungai gelombang sangat cocok untuk alternatif wisata keluarga. terutama bagi yang sudah bosan dengan objek wisata di Pekanbaru,” katanya. (bpc2)