Investasi Emas Dimana? Antam, Pegadaian, Bank atau Ritel?

Senin, 10 Agustus 2020 12:05
Investasi Emas Dimana? Antam, Pegadaian, Bank atau Ritel?

BERTUAHPOS.COM – Harga emas saat ini meroket hingga mencetak harga tertinggi sepanjang masa. Sejak dulu, investasi emas memang menjanjikan sebagai salah satu alternatif investasi masa depan.

Namun ternyata, investasi emas dapat dilakukan beberapa cara. Tiap – tiap cara memiliki kelebihan yang berbeda – beda, baik melalui perusahaan antam, pegadaian, bank atau emas perhiasan (ritel).

Advertisement

Sebagian besar masyarakat lebih mengenal berinvestasi di antam secara langsung, bank, dan emas perhiasan (ritel). Berikut beberapa perbedaan diantara:

Emas perhiasan atau ritel
Emas ini tentu memiliki kelebihan yang sangat berbeda dengan yang lainnya. Umumnya, warga banyak membeli emas ini untuk dua alasan.

Baca: Inhil Bangun Wilayah Pesisir Dengan Program Desa Maju Inhil Jaya

Pertama untuk digunakan sebagai perhiasan oleh kaum hawa dan yang kedua sekaligus untuk investasi. Hanya saja, emas perhiasan terbagi beberapa kualitas atau kadar emas (karat). Ada yang kadar emas 14 karat atau kandungan emas 58 persen.

Kemudian ada juga emas 18 karat dengan kadar emas 75 persen. Sedangkan emas perhiasan 22 karat memiliki kadar emas 91 persen dan emas 23 karat sebanyak 95 persen. Emas dengan kandungan 99,9 persen juga ada, dan biasa disebut dengan 24 karat.

baca: Kantor Emas ANTAM (ANTM) Dimana? Berikut Alamatnya

Emas Pegadaian
Pegadaian tidak memproduksi emas. Emas di pegadaian umumnya berupa emas batangan, baik emas batangan produksi PT Antam dan emas batangan produksi PT Untung Bersama Sejahtera (UBS). Selain itu, warga juga bisa membeli emas yang di lelang oleh pihak pegadaian, baik berupa emas batangan maupun berupa emas perhiasaan.

Emas di Bank
Bank tentu tidak memproduksi emas. Namun di beberapa bank memiliki unit usaha tersendiri yakni simpan maupun pembelian emas secara dicicil. Umumnya juga berupa emas batangan dengan berat beragam.

Emas ANTAM

Seperti dijelaskan, emas batangan juga terdiri dari dua jenis yang umum dikenal masyarakat. Yakni emas batangan produksi antam dan emas batangan produksi ubs.

Disebut emas antam karena produksi dari PT Antam, yakni perusahaan badan usaha milik negara.

Anda dapat langsung membeli emas Antam batangan ke perusahaan Antam di tempat – tempat yang sudah ditentukan oleh pihak Antam.

Jadi, mana yang lebih menarik dan menguntungkan untuk investasi emas? Masing – masing memiliki kelebihan, Anda harus selektif dan jeli melihat dimana sebaiknya anda berinvestasi (membeli emas), baik dari sisi harga maupun keamanan dan kenyamanan. (bpc1)