Ini Alasan Mengapa Orang di Riau Harus Selalu Waspada Covid-19

Jumat, 04 September 2020 09:48
Ini Alasan Mengapa Orang di Riau Harus Selalu Waspada Covid-19
Kota Pekanbaru. (Melba/Bertuahpos)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Meningkatnya angka penambahan kasus konfirmasi Covid-19 orang di Riau sepertinya sulit akan mereda dalam waktu dekat ini. Sejak akhir pekan lalu, rata-rata penambahan kasus Covid-19 per hari di atas 100. 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir mengungkapkan, dari sekian banyak jumlah kasus Covid-19 terkonfirmasi itu, didominasi oleh Orang Tanpa Gejala atau OTG. “Hal ini yang perlu diperhatikan bersama. Mengapa orang di Riau harus selalu waspada terhadap penyebaran Covid-19, karena masih banyak OTG berkeliaran,” ungkapnya.

Advertisement

Mimi mencontohkan, pada Kamis, 3 Agustus 2020 kemarin, dari 106 total jumlah kasus terkonfirmasi, hanya empat orang di riau yang disertai dengan keluhan. Selebihnya adalah OTG, mereka terlihat sehat dan tidak ada gejala apapun. Umumnya, orang-orang seperti ini akan sangat sulit terdeteksi, dan sangat mudah menularkan Covid-19 kepada yang lain.

Sementara orang yang dengan daya tahan tubuh rendah, akan mudah terpapar  Covid-19 dan menjadi bergejala (batuk, demam, sesak nafas). Terhadap orang seperti ini tentu akan mudah terdeteksi. Namun penyebab utamanya, OTG masih berkeliaran karena sulit terdeteksi.

Baca: Polusi Udara di Pekanbaru Turun ke Level Sangat Tidak Sehat

“Pada umumnya pasien yang disertai keluhan ini, mereka demam, batuk, dan sesak nafas. Namun ada juga yang disertai mual, nyeri ulu hati hingga susah menelan,” ujarnya. (bpc2)