Antisipasi DBD, Bersihkan Dispenser Seminggu Sekali

Jumat, 23 September 2016 15:27
Antisipasi DBD, Bersihkan Dispenser Seminggu Sekali

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Andra Sjafril mengatakan untuk mengantisipasi serangan DBD saat memasuki musim penghujan di Riau, masyarakat diminta melakukan pola hidup sehat dan bijak dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah.

Bahkan, melakukan antisipasi sampai pada hal kecil sekalipun. Dia mencontohkan, genangan air yang ada ditempat tampungan Dispenser pun, harus dibersihkan seminggu sekali.

Advertisement

“Kalau Dispenser itu kan ada tampungan air di bagian bawah tempat biasa meletakkan gelas. Genangan air di tempat itu pun harus selalu dibersihkan. Karena tempat ini juga bisa menjadi sarang namuk,” katanya kepada bertuahpos.com, Jumat (23/09/2016).

Selain Dispenser yang harus selalu bersih, tempat sampah yang berpotensi menyimpan genangan air hujan juga harus diperhatikan.  Biasanya lebih kepada tumpukan sampah yang ada di depan rumah warga. Oleh sebab itu, masyarakat diminta untuk terus melakukan pembersihan tempat sampah setiap hari.

Baca: PPK dan PPS Pekanbaru yang Tidak Independen Bisa Diberhentikan

“Sebenarnya lebih kepada perilaku hidup sehat saja.  Karena pada saat pergantian musim seperti ini sangat rawan sekali masyarakat terserang DBD,” sambungnya.

Selanjutnya, untuk keluarga,  agar selalu memperhatikan air yang ada dalam pas bunga yang biasa diletakkan di dalam rumah. Air yang biasa digunakan untuk menjaga bunga agar tetap segar itu sangat didominan tempat lahirnya jentik-jentik nyamuk.

“Yang tidak kalah pentingnya menguras bak mandi.  Ini selalu kita himbau terus kepada masyarakat.  Karena dari bak mandi ini juga salah satu tempat berkembangnya jentik nyamuk,” kata Andra.

Dia menambahkan, masyakat juga harus menggunakan obat anti nyamuk, baik pada saat sedang berada di rumah ataupun tengah bepergian.  Dan selalu menggunakan obat pembunuh jentik yang biasa ada di puskesmas terdekat.

baca juga: Masuk Musim Hujan, Diskes Riau: Waspada DBD

Penulis : Melba